Belum Banyak yang Tahu, Sir Alex Ferguson Pernah Jadi Pemain MU

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 16:45 WIB
Belum Banyak yang Tahu, Sir Alex Ferguson Pernah Jadi Pemain MU

Pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson (Foto: The Sun)

MANCHESTER, iNews.id – Dalam kariernya, Sir Alex Ferguson dikenal sebagai pelatih legendaris Manchester United (MU). Tapi tak banyak yang tahu bahwa pria asal Skotlandia tersebut juga pernah bermain memperkuat The Red Devils.

Dikutip dari Sport Bible, Kamis (9/7/2020) momen langka itu terjadi dalam pertandingan persahabatan. MU menghadapi Somerset Trojans di Somerset Cricket Ground, Bermuda, 1987 silam.

Ferguson yang baru beberapa bulan menduduki kursi kepelatihan ikut bermain di pertandingan tersebut. Saat itu usianya sudah menginjak 45 tahun. Dia masuk lapangan menggantikan Peter Davenport yang berutgas sebagai striker.

MU pun menang telak 4-1. Meski bukan ajang resmi, Ferguson setidaknya pernah tercatat sebagai penggawa Setan Merah.

Sebelum jadi pelatih, pria yang pernah mempersembahkan treble winners untuk MU tersebut pernah bermain dari 1957-1974. Meski demikian, kariernya tidak begitu bersinar. Ferguson memperkuat enam klub yaitu Queen’s Park, St Johnstone, Dunfermline Athletic, Rangers, Falkrik, dan Ayr United.

Namun prestasi gemilang diraihnya ketika menangani MU. Selama 26 tahun berkarier, ada 38 trofi yang didapatkannya. Ferguson bahkan dianggap sangat berjasa dalam mengembangkan bakat pemain sekelas Ryan Giggs, David Beckham, Gary Neville, Paul Scholes, Wayne Rooney, serta Cristiano Ronaldo.

Editor : Bagusthira Evan Pratama