Berebut Juara Grup A, Timnas U-18 Siapkan Rotasi Kontra Myanmar

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 13 Agustus 2019 - 15:40 WIB
Berebut Juara Grup A, Timnas U-18 Siapkan Rotasi Kontra Myanmar

Pelatih Timnas U-18 Fakhri Husaini (tengah) memberikan arahan kepada pemainnya saat latihan di Lapangan Becamex Binh Duong, Vietnam, Jumat (9/8/2019). (Foto: ANTARA/Yusran Uccang)

HO CHI MINH, iNews.id – Pelatih tim nasional Indonesia U-18 Fakhri Husaini menyiapkan rotasi saat jumpa Myanmar U-18 pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-18 di Stadion Thong Nhat, Rabu (14/8/2019) sore. Duel tersebut bakal menentukan juara grup. 
 
Saat ini, kedua tim sudah dipastikan melaju ke semifinal. Dari empat pertandingan yang sudah dilakoni, Garuda Nusantara memetik empat kemenangan dan kini nyaman di puncak klasemen berbekal nilai 12. 

Catatan apik yang sama juga dibukukan Myanmar di tangga kedua. Namun, tim besutan Soe Myat Min itu kalah dari segi selisih gol. Timnas U-18 kini punya +16 sedangkan mereka hanya +8. 

Sadar timnya sudah dipastikan ke babak empat besar, Fakhri mengaku bakal merotasi sejumlah pemain demi menghemat stamina. Namun, juru taktik Aceh itu memastikan bakal tetap menurunkan formasi terbaik agar tetap meraih poin penuh dan jadi juara Grup A. 
 
“Persiapan sama dengan sebelumnya. Kami membagi pemain-pemain yang perlu waktu istirahat lebih lama dan akan memberikan mereka pemulihan fisik. Sementara yang belum main, saya melihat kondisi fisiknya. Saya mungkin akan melakukan rotasi di pertandingan berikutnya,” kata Fakhri di situs PSSI. 
 
Pelatih yang membawa timnas U-16 juara Piala AFF tahun lalu itu juga mengungkapkan sudah menyiapkan porsi latihan berbeda untuk pemain dengan menit bermain banyak dan jarang tampil dalam latihan, Selasa (13/8/2019) pagi. 
 
“Saya membagi tim menjadi dua. Para pemain yang bermain dari awal, menjalani latihan pemulihan fisik berenang di fasilitas hotel dengan beberapa aktivitas lain yang menyenangkan,” tuturnya.  

“Sementara satu tim lain kami berikan materi latihan seperti biasa. Kami mempertajam pertahanan, kerjasama tim, dan lainnya,” ujarnya.


Editor : Abdul Haris