Cristiano Ronaldo Sumbangkan Rp21,7 Miliar untuk Bantu Muslim di Jalur Gaza

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 18 Mei 2019 - 10:00 WIB
Cristiano Ronaldo Sumbangkan Rp21,7 Miliar untuk Bantu Muslim di Jalur Gaza

Cristiano Ronaldo (Foto: AFP)

GAZA, iNews.id – Striker Juventus Cristiano Ronaldo kembali menunjukkan sisi humanisnya sebagai pesepak bola top dunia. CR7 menyumbangkan 1,5 juta dolar AS (Rp21,7 miliar) kepada rakyat muslim Palestina di jalur Gaza yang tengah menjalani puasa Ramadan. 
 
Dilansir Sputniknews, jalur Gaza masih di bawah blokade darat, udara dan laut tentara Israel sejak Juni 2007. Imbasnya, banyak warga Palestina yang kini hidup di bawah standar. Angka kemisikinan dan pengangguran terus meningkat. 
 
Kondisi tersebut yang membuat hati Ronaldo tersentuh dan tak segan menyedekahkan sebagian hartanya guna dibelikan makanan untuk warga Palestina yang kesulitan dan tengah menjalani ibadah puasa. 
 
Televisi Pan-Amerika yang berbasis di Caracas, Venezuela mengklaim, mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu sangat pro Palestina. Bukan sekali ini saja, CR7 menyisihkan hartanya untuk warga di sana. 
 
Pada November 2012, ketika Gaza dibombardir Israel, kapten tim nasional Portugal itu melelang trofi Sepatu Emas miliknya. Uang hasil penjualan diberikan ke yayasan Real Madrid untuk dibangun sebuah sekolah di Palestina. 
 
Setahun kemudian, Maret 2013, pada akhir pertandingan Portugal dan Israel di kualifikasi Piala Dunia 2014, dia menolak bertukar kostum dengan pemain lawan. Dia hanya sudi untuk berjabat tangan.

Ahmad Daubasha, bocah berusia 5 tahun yang menjadi satu-satunya korban selamat dari satu keluarga Palestina yang diserang pemukim Yahudi Israel, disambut Ronaldo pada 2016 di pusat pelatihan Madrid. Dia menyempatkan untuk berswafoto dengan sang bocah sambil memberi kostum kebanggaan Los Blancos.

Kemurahan hatinya barangkali yang menjadi berkah untuk perjalanan kariernya. Sejauh ini, Ronaldo sudah memenangkan lima trofi Ballon d’Or. Ronaldo juga sudah mencicipi lima kali nikmatnya juara Liga Champions bersama Madrid (4) dan MU (1).


Editor : Abdul Haris