UEFA Nations League

Dalic: Gaya Menyerang Spanyol di Era Enrique Sangat Berbahaya

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 12 September 2018 - 14:28 WIB
Dalic: Gaya Menyerang Spanyol di Era Enrique Sangat Berbahaya

Kapten Kroasia Luka Modric meluapkan kekecewaannya karena timnya dibantai 0-6 oleh Spanyol pada UEFA Nations League di Stadion Manuel Martinez Valero, Rabu (12/9/2018) dini hari WIB. (Foto: bakersfield.com)

ELCHE, iNews.id – Pelatih Tim Nasional Kroasia Zlatko Dalic mengakui ketangguhan Spanyol usai timnya kalah telak 0-6 pada laga Grup 4 Liga A UEFA Nations League di Stadion Manuel Martinez Valero, Rabu (12/9/2018) dini hari WIB. Dalic mengungkapkan, gaya menyerang La Furia Roja ditangan pelatih anyar Luis Enrique bergitu berbahaya. 
 
Enrique ditunjuk sebagai pelatih kepala timnas Spanyol sejak dua bulan lalu untuk menggantikan Fernando Hierro. Pada laga debutnya, entrenador 48 tahun itu sukses membawa timnya mengandaskan Inggris 2-1, empat hari yang lalu di ajang yang sama. 
 
Kini, berkat tangan dinginnya, Spanyol sukses membantai Kroasia, finalis Piala Dunia 2018. Enam gol La Furia Roja pada laga tersebut dibukukan Saul Niguez pada menit ke-24, Marco Asensio (33), gol bunuh diri kiper Kroasia Lovre Kalinic (35), Rodrigo (49), Sergio Ramos (57) dan Isco Alacron (70). 
 
Pada konferensi pers usai laga, Dalic mengungkapkan permainan Spanyol saat ini lebih hebat ketimbang sebelumnya di Piala Dunia yang hanya bisa mencapai babak 16 besar akibat dikalahkan tuan rumah Rusia lewat drama adu penalti. 
 
“Spanyol memainkan sepak bola fantastis. Mereka mengalahkan kami dengan cara yang meyakinkan. Spanyol memang terkenal memiliki penguasaan bola yang baik sejak dulu, tetapi sekarang mereka jauh lebih berbahaya,” kata Dalic dikutip Football Espana
 
“Setelah gol kedua, kami menyerah dan semuanya berakhir. Saya tidak dapat memotivasi pemain selama paruh waktu. Saya ingin tim memainkan babak kedua yang lebih baik. Tetapi kami justru kembali bermain seperti pada babak pertama dan kebobolan banyak gol,” ujarnya. 
 
Hasil minor tersebut membuat Kroasia kini bercokol di dasar klasemen grup tanpa nilai. Meski begitu, Dalic tak ingin meratap. Kekalahan memalukan itu akan dijadikannya sebagai bahan evaluasi. Sebab setelah ini Vatreni akan menjamu Inggris di Stadion HNK Rijeka, pada laga lanjutan Grup 4, 13 Oktober mendatang.


“Kami harus belajar dari kekalahan seperti itu. Kami telah melihat apa yang terjadi jika tidak memainkan sepak bola sebagai tim. Kami tidak ingin melakukannya lagi. Saya tidak bisa membuat keputusan tergesa-gesa setelah pertandingan itu. Tetapi UEFA Nations League kompetisi resmi yang menuntut tim harus tampil baik,” ungkap Dalic. 

Editor : Abdul Haris