Demi Tempat di Timnas Inggris, Butland Siap Berkarier di Luar Negaranya

Haryo Jati Waseso ยท Jumat, 16 Agustus 2019 - 08:00 WIB
Demi Tempat di Timnas Inggris, Butland Siap Berkarier di Luar Negaranya

Kiper timnas Inggris Jack Butland. (Foto: PAUL ELLIS/AFP)

STOKE, iNews.id - Kiper Stoke City Jack Butland bertekad mempertahankan tempatnya di Tim nasional Inggris. Oleh sebab itu, kiper berusia 26 tahun itu mengaku siap untuk bermain di luar negaranya.

Butland tampaknya menyadari akan sulit baginya menjadi bagian dari The Three Lions jika tak berlaga di Premier League. Dia tahu persaingan menjadi kiper Timnas Inggris cukup keras.

Selain dirinya, masih ada Jordan Pickford dan Tom Heaton. Juga masih ada Alex McCarthy dan Marcus Bettinelli yang sempat dipanggil ketika menghadapi Kroasia di Nations League, November lalu.

Pickford, Heaton dan McCarthy kini masih bermain di Premier League. Hanya dirinya dan Bettinelli yang berlaga di Championship Division. Selain itu, juga ada beberapa kiper muda Inggris yang mulai menunjukkan tajinya.

Ada Dean Handerson yang akan menjadi pilihan utama di klub promosi, Sheffield United. Selain itu, juga ada Angus Gunn yang menggeser posisi McCarthy sebagai kiper utama Southampton.

Seperti dikutip Daily Mail, Butland sebenarnya nyaris berlaga dengan Bournemouth musim ini. Namun, Stoke meminta biaya transfer sebesar 30 juta poundsterling atau setara Rp517 miliar.

Hal itu yang kemudian membuat kepindahannya ke Bournemouth gagal terjadi. Dengan ditutupnya bursa transfer Inggris, Kamis (8/8/2019) malam, membuat peluang Butland hengkang ke klub Premier League musim panas ini tertutup.

Tetapi bursa transfer di Spanyol, Jerman, Italia, Belanda, Prancis dan Portugal masih terbuka hingga 2 September nanti. Jika bisa mendapatkan klub yang tepat di luar Inggris dan menampilkan konsistensi, dia bisa menggeser posisi Pickford yang selalu menjadi pilihan utama Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.


Editor : Haryo Jati Waseso