Piala AFF 2018

Disiarkan Langsung iNews, Ini Prediksi Timnas Vietnam Vs Filipina

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 06 Desember 2018 - 11:21 WIB
Disiarkan Langsung iNews, Ini Prediksi Timnas Vietnam Vs Filipina

Tim nasional Vietnam akan menjamu Filipina pada leg kedua semifinal Piala AFF 2018 di Stadion My Dinh, Kamis (6/12/2018) malam. (Foto: Fox Sport Asia)

HANOI, iNews.id – Tim nasional Vietnam akan menjamu Filipina pada leg kedua semifinal Piala AFF 2018 di Stadion My Dinh, Kamis (6/12/2018) malam. Pertandingan ini akan disiarkan langsung iNews mulai pukul 19.25 WIB. 
 
Saat ini, tuan rumah tengah berada di atas angin setelah pada pertemuan pertama berhasil menang 2-1 saat bertamu ke Stadion Panaad, Bacolod, Minggu (2/12/2018).

Secara matematis, tim berjuluk The Golden Star itu hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke final. Bahkan, jika kalah 0-1, mereka bakal tetap mendapat tiket partai pamungkas karena unggul agresivitas gol tandang.

Sadar timnya saat ini memiliki kans besar, Pelatih Vietnam Park Hang-seo enggan jemawa. Sebab, pada Piala AFF edisi 2014 lalu, The Golden Star sudah unggul 2-1 atas Malaysia pada leg pertama semifinal di Stadion Shah Alam, namun pada pertemuan kedua justru kandas 2-4 di Hanoi dan gagal melangkah ke partai pamungkas. Kenangan pahit itu yang membuat Hang-seo meminta anak asuhnya waspada. 
 
“Kami bermain bagus pada leg pertama di Bacolod. Tapi kami juga harus mengingat apa yang terjadi empat tahun lalu melawan Malaysia. Belajar dari situ, kami harus berkonsentrasi penuh,” kata Hang-seo dikutip laman resmi AFF. 
 
Juru taktik asal Korea Selatan itu juga mengungkapkan pada pertemuan pertama di Bacolod skuatnya masih memiliki beberapa kelemahan terutama dalam hal penyelesaian akhir. Dia memastikan kesalahan itu tidak akan terulang pada laga nanti. 
 
“Kami menyia-nyiakan beberapa peluang pada akhir pertandingan di Bacolod. Kami telah meninjaunya lewat video. Untuk itu, kami harus segera membenahinya jika ingin lolos ke final,” tuturnya. 
 
Sementara dari kubu lawan, Pelatih Filipina Sven-Goran Eriksson sadar peluang timnya untuk lolos ke final saat ini berat. Namun, arsitek Swedia itu enggan pesimistis mengingat dirinya paham tidak ada yang mustahil dalam sepak bola. Eriksson mengaku sudah menyiapkan strategi jitu untuk meredam agresivitas Vietnam. 
 
“Saya pikir satu-satunya cara untuk menang adalah dengan menyerang sepanjang laga. Tapi ingat, selain fokus di area depan, kami juga harus kokoh dalam bertahan. Melawan tim sekelas Vietnam, jika Anda hanya memikirkan serangan, itu sama saja bunuh diri,” ujar Eriksson. 
 
Mantan nakhoda timnas Inggris dan Lazio itu juga menegaskan timnya tak gentar meski harus bermain di tengah riuhnya suporter Vietnam. Situs AFF melaporkan tiket yang disediakan saat ini sudah diborong habis penggemar The Golden Star
 
“Senang rasanya bisa bermain di depan kerumunan orang seperti itu walau kami berstatus tim tamu. Tentu saja, mereka semua ingin Vietnam menang. Tetapi kami ingin membuat 40.000 pendukung itu mendapatkan kejutan kecil,” tuturnya. 
 
PERKIRAAN PEMAIN 
VIETNAM (3-4-3)
 
Van Lam; Dinh Trong, Ngoc Hai, Duy Manh; Van Hau, Huy Hung, Xuan Truong, Trong Hoang; Van Quyet, Anh Duc, Quang Hai 
Pelatih: Park Hang-seo 
 
FILIPINA (4-4-2) 
Michael Falkesgaard; Carli de Murga, Martin Steuble, Alvaro Silva, Adam Tull; Stephan Schrock, Manny Ott, Curt Dizon, Kevin Ingresso; Phil Younghusband, Patrick Reichelt 
Pelatih
: Sven-Goran Eriksson 
 
REKOR PERTEMUAN

02/12/2018

Piala AFF

Filipina
vs Vietnam

1-2

28/11/2014

Piala AFF

Vietnam
vs Filipina

3-1

27/11/2012

Piala AFF

Vietnam
vs Filipina

0-1

05/12/2010

Piala AFF

Filipina
vs Vietnam

2-0

 
Prediksi: 55-45


Editor : Abdul Haris