Piala Dunia 2018

Drama 6 Gol di Final, Prancis Juara Dunia 2018

Syukron Fadillah ยท Minggu, 15 Juli 2018 - 23:55 WIB
Drama 6 Gol di Final, Prancis Juara Dunia 2018

Timnas Prancis akhirnya keluar sebagai juara dunia setelah menundukkan Kroasia 4-2 pada laga final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB. (Foto: Fifa.com)

MOSKOW, iNews.id - Timnas Prancis akhirnya keluar sebagai juara dunia setelah menundukkan Kroasia 4-2 pada laga final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB. Kemenangan tersbeut mengantarkan Prancis pada titel Piala Dunia kedua.

Kroasia lebih menguasai jalannya pertandingan babak pertama. Ivan Perisic merangsek ke pertahanan Prancis di menit keempat. Namun, Raphael Varane berhasil mencegahnya sebelum Perisic sempat menyerang.

Bencana bagi Kroasia, mereka justru tertinggal lebih dulu di menit ke-18. Antoine Griezmann melepaskan tendangan bebas, namun bola mengenai kepala Mario Mandzukic dan masuk ke gawangnya sendiri. Striker Juventus itu sejatnya ingin menghalau bola tersebut.



Namun, Kroasia tak berdiam diri hingga akhirnya mampu menyamakan kedudukan 10 menit kemudian. Tendangan keras Ivan Perisic dari dalam kotak penalti memanfaatkan kemelut mengarah ke pojok kiri gawang dan tak mampu dijangkau oleh kiper Prancis Lloris.

Berusaha untuk kembali unggul, Prancis terus mencari celah. Sepak pojok dari Griezmann berhasil dihalau oleh Perisic. Namun, para pemain Prancis menganggap bola menyentuh tangan Perisic dan meminta wasit untuk melihat tayangan ulang melalui teknologi VAR.

Hasilnya, wasit pun menunjuk titik putih, setelah memastikan Perisic handball. Tendangan penalti yang dilepaskan Griezmann meluncur mulus ke pojok kiri gawang sementara kiper Kroasia Danijel Subasic justru melompat ke arah sebaliknya. Berkat gol penalti tersebut Les Bleus unggul di babak pertama.



Prancis langsung menerkam pertahanan Kroasia di awal babak kedua. Hanya saja, sepakan keras Griezmann dari luar kotak penalti masih tepat di pelukan Subasic.

Semenit kemudian Ante Rebic balik mengancam gawang Hugo Lloris. Namun, gol penyeimbang yang diburu Kroasia belum lahir mengingat sepakan Rebic masih mampu dihalau kiper Tottenham Hotspur itu.

Kylian Mbappe yang mampu menerobos pengawalan satu lawan satu dengan Ivan Strinic melepaskan tendangan keras. Namun, usahanya masih berhasil dihalau Subasic.

Setelahnya laga sempat dihentikan lantaran salah seorang suporter menerobos masuk ke area pertandingan. Pihak keamanan pun tanggap dan berhasil meringkus pelaku invasi tersebut.



Setelah insiden tersebut Prancis berhasil mencuri gol di tengah tekanan deras yang Kroasia berikan. Umpan panjang berhasil dikejar Mbappe untuk kemudian melepas tendangan keras yang melahirkan kemelut.

Bola jatuh di kaki Griezmann dengan sekali sentuhan penyerang Atletico itu kemudian mendorong bola ke arah Paul Pogba. Tanpa ampun Pogba menyambar sepakan tersebut. Kesempatan pertamanya masih dapat diblok pemain belakang Kroasia tetapi tidak untuk sepakannya yang kedua. Prancis pun unggul 3-1 di menit ke 59.

Pada menit ke-65, Prancis kian menjauh setelah Mbappe melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Kedudukan pun berubah menjadi 4-1.

Dalam kondisi unggul tiga gol, kapten Prancis Lloris justru melakukan blunder. Backpass yang dilepaskannya mampu diblok Mandzukic untuk mengubah skor menjadi 4-2 di menit ke-69.



Setelahnya jual beli serangan terus terjadi. Akan tetapi Kroasia lebih dominan dalam menyerang sementara Prancis hanya mengandalkan kecepatan Mbappe di lini depan. Sayangnya, kedudukan 4-2 tetap bertahan hingga laga usai.

SUSUNAN PEMAIN
PRANCIS (4-2-3-1)
Hugo Lloris; Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard; N'Golo Kante (Steven Nzonzi 55), Paul Pogba; Blaise Mautuidi (Corentin Tolisso 73), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Nabil Fekir 81)
Pelatih: Didier Deschamps

KROASIA (4-2-3-1)
Danijel Subasic; Ivan Strinic (Marko Pjaca 82), Domagoj Vida, Dejan Lovren, Sime Vrsaljko; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ivan Perisic, Luka Modric, Ante Rebic (Andrej Kramaric 71); Mario Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Editor : Achmad Syukron Fadillah