FA Beri Penghormatan ke Korban Christchurch di Laga Inggris Vs Ceko

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 22 Maret 2019 - 20:41:00 WIB
FA Beri Penghormatan ke Korban Christchurch di Laga Inggris Vs Ceko
Warga lokal meletakan bunga di sebuah Mesjid di Auckland sebagai tanda berkabung atas penembakan di Christchurch. (Foto: Michelle Hyslop/AFP)

LONDON, iNews.id – Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) akan memberi penghormatan kepada korban tragedi penembakan brutal di dua Masjid daerah Christchurch, Selandia Baru. Momen tersebut akan dilakukan saat tim nasional Inggris bentrok Republik Ceko pada kualifikasi Grup A Piala Eropa 2020 di Wembley, Sabtu (23/3/2019) dini hari WIB.

Sebelumnya, Jumat (17/5/2019) pekan lalu, aksi terorisme terjadi di dua masjid daerah Christchurch jelang salat Jumat hingga menewaskan 50 orang dan melukai 48 lainnya. Pelakunya adalah warga Australia bernama Brenton Tarrant, yang kini sudah ditahan polisi.

Turut berduka dengan kejadian tersebut, FA dalam akun resminya mengungkapkan bakal melakukan mengheningkan cipta selama semenit sebelum pertandingan Inggris lawan Ceko dimulai. Momen tersebut dilakukan sebagai bentuk belasungkawa kepada para korban.

“Kami akan memberi penghormatan bagi para korban tragedi Selandia Baru saat timnas Inggris berhadapan dengan Republik Ceko, Jumat (22/3/2019) mendatang,” tulis FA.

Namun, sikap yang dilakukan otoritas tertinggi sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth II itu dinilai sangat telat. Sebab, mereka baru melakukan kegiatan tersebut setelah diguyur kritik dari berbagai pihak.

Awalnya, FA tidak melakukan moment of silent pada laga Premier League, Championship dan juga Piala FA yang berlangsung beberapa hari sesudah tragedi tersebut. Banyak pihak menganggap mereka memiliki standar ganda dalam memerangi terorisme.

Pasalnya, saat aksi teror melanda Paris, Prancis, November lalu semua pemain tim Premier League langsung secara cepat diminta mengenakan pita hitam sebagai bentuk belasungkawa.

Editor : Haryo Jati Waseso