Gazporm Ajak Anak Indonesia Gaungkan Toleransi dalam Sepak Bola

Reynaldi Hermawan · Kamis, 05 April 2018 - 23:55:00 WIB
Gazporm Ajak Anak Indonesia Gaungkan Toleransi dalam Sepak Bola
Anak-anak dari seluruh dunia akan bergabung dalam kompetisi ‘Sepak Bola untuk Persahabatan’ (F4F) yang akan dihelat di Moskow, Rusia 8-15 Juni mendatang. (Foto: Gazporm)

JAKARTA, iNews.id – Mitra resmi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gazporm mengajak salah satu perwakilan anak Indonesia untuk berpartisipasi dalam kompetisi ‘Sepak Bola untuk Persahabatan’ (F4F) yang akan dihelat di Moskow, Rusia 8-15 Juni mendatang.

Turnamen tersebut sejauh ini sudah dua kali diadakan. Namun baru di tahun ini Indonesia bisa ikut ambil bagian. Kejuaraan yang diadakan perusahan gas itu bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk menggaungkan toleransi, kesetaraan, dan penghormatan terhadap budaya negara lain.

Nantinya, peserta F4F akan melibatkan seluruh anak dari berbagai negara. Untuk pemain, akan diisi anak usia 12 tahun. Sedangkan kursi kepelatihan akan ditukangi anak usia 14 hingga 16 tahun. Tak hanya itu, Gasporm juga mengikutsertakan 5.000 media dari seluruh dunia yang diwakili wartawan berusia 12 tahun dari 211 negara berbeda.

Format turnamen yakni seluruh anak-anak tersebut akan dibagi menjadi 32 tim yang terdiri dari satu kiper, dua bek, dua gelandang, dan satu penyerang. Di dalam satu tim tersebut, nantinya akan diisi anak-anak dari berbagai negara dan jenis kelamin yang berbeda.

Uniknya, nama-nama tim akan dinamakan berdasarkan hewan-hewan dari seluruh benua yang sudah hampir punah.

Berdasarkan undian yang sudah dilakukan di Moskow, perwakilan Indonesia akan ditempatkan di tim Grizzly Bear. Di sana, anak Indonesia itu akan bekerjasama dengan anak dari Kosovo dan Eritrea (bek), Ghana dan Qatar (gelandang) dan Guyana (striker).

“Untuk pertama kalinya, atlet muda dari seluruh penjuru dunia akan bermain sepak bola di tempat yang sama. Sebab saat ini semua orang hidup di bawah prinsip kesetaraan dan saling menghormati satu sama lain. Proyek ini merupakan elemen penting untuk mewujudkan itu semua,” kata Ketua Dewan Direksi PJSC Gazporm, Viktor Zubkov.

Kegiatan itu juga diapresiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurut mereka, kegiatan tersebut merupakan salah satu sarana pendidikan namun diadakan dengan cara yang unik. Selain berolahraga, anak-anak di seluruh dunia akan bisa saling mengenal satu sama lain dan mengetahui keragaman dari berbagai belahan dunia.

Usai F4F diselenggarakan, para anak-anak di seluruh dunia itu juga akan mengikuti sebuah forum, untuk membahas cara mempromosikan nilai-nilai untuk selalu menjunjung tinggi toleransi, kesetaraan, dan penghormatan terhadap budaya negara lain.

Editor : Abdul Haris

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda