Gerardo Martino Resmi Jadi Pelatih Timnas Meksiko

Haryo Jati Waseso ยท Selasa, 08 Januari 2019 - 14:39 WIB
Gerardo Martino Resmi Jadi Pelatih Timnas Meksiko

Pelatih anyar tim nasional Meksiko Gerardo Martino. (Foto: Pedro PARDO/AFP)

MEXICO CITY, iNews.id - Tim nasional Meksiko akhirnya menemukan sosok yang tepat untuk menjadi pelatih mereka. Federasi Sepak Bola Meksiko (FMF) akhirnya menunjuk Gerardo Martino sebagai pembesut utama El Tri.

Martino datang untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Juan Carlos Osorio sejak Juli lalu. Pelatih berkebangsaan Argentina tersebut merupkan pembesut yang cukup terpandang di Tanah Amerika.

Nama Martino menjadi sorotan ketika dirinya ditunjuk menangani Barcelona pada musim panas 2013. Namun, dia sempat menangani tim nasional Paraguay, timnas Argentina dan terakhir membesut Atlanta United di ajang MLS.

Meski belum pernah meraih gelar dengan Paraguay dan Argentina, Martino sempat meraih poisisi runner-up Copa Amerika bersama keduanya. Terakhir, Atlanta United dibawanya menjadi juara MLS.

Penunjukkan pria yang akrab disapa Tata itu, membuat kubu Meksiko mengharapkan hal besar darinya. Namun, Martino enggan menjanjikan bakal membawa Meksiko untuk melangkah lebih jauh dari 16 besar di Piala Dunia 2022.

“Saya tak bisa menjawab bagaimana akan membawa tim mencapai pertandingan kelima di Piala Dunia yang bakal dimainkan empat tahun lagi, dan masih ada babak kualifikasi di depan kami,” ujarnya dikutip New York Times.

“Mustahil mengevalusi apa yang baru akan terjadi 4 tahun mendatang, ketika masih ada banyak pertandingan di depan kami,” ujarnya. Pada tujuh gelaran terakhir Piala Dunia, Meksiko selalu terhenti di babak 16 besar.

Pada Piala Dunia 2018, Meksiko takluk di tangan Brasil dengan skor 0-2. Pencapaian terbaik tim Amerika Utara itu di kompetisi bergengsi sepak bola dunia tersebut adalah mencapai perempat final di edisi 1970 dan 1982. Kebetulan di kedua ajang itu, Meksiko jadi tuan rumah.  


Editor : Haryo Jati Waseso