Playoff Piala Dunia 2018

Granit Xhaka Minta Irlandia Utara Berhenti Mengeluh

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 12 November 2017 - 18:17 WIB
Granit Xhaka Minta Irlandia Utara Berhenti Mengeluh

Gelandang Swiss Granit Xhaka (10) bersitegang dengan pemain Irlandia Utara Conor Washington (9) pada leg pertama playoff Piala Dunia 2018 di Belfast, Jumat (10/11/2018) dini hari WIB. (Foto: REUTERS/Clodagh Kilcoyne)

BASEL, iNews.id – Swiss akan kembali bertemu Irlandia Utara pada leg kedua playoff  Piala Dunia 2018 di Stadion St. Jakob-Park, Senin (12/11/2017) dini hari WIB. Gelandang mereka, Granit Xhaka meminta sang lawan untuk berhenti mengeluhkan gol kontroversial pada leg pertama di Belfast, Jumat (10/11/2017) lalu.

Pemain Arsenal itu merasa risih akibat pernyataan yang mengatakan timnya menang 1-0 berkat penalti kontroversial Ricardo Rodriguez. Menurutnya, sebaiknya sang lawan fokus memikirkan cara untuk membalikkan keadaan, mengingat ini adalah kesempatan terakhir kedua tim mendapatkan tiket berlaga di Rusia nanti.

"Saya tak mengerti mengapa masalah itu dibesar-besarkan, saya pikir mereka harus melupakannya. Itu adalah keputusan wasit,” papar Xhaka dilansir The Guardian.

Pemain berusia 25 tahun itu bertekad akan membuktikan bahwa La Nati –julukan Swiss- memang pantas menang dan berlaga di kompetisi paling bergengsi di dunia itu.

“Kami adalah tim yang bagus. Terlebih kami bermain di depan ribuan penggemar kami. Saya ingin membuat mereka bangga dengan lolosnya kami ke Rusia,” paparnya.

Sebaliknya, pada pertandingan nanti, La Nati diprediksi tidak akan melakukan banyak perubahan strategi. Steven Zuber dan Denis Zakaria akan kembali tampil mengantikan Admir Mehmedi dan Remo Freuler, yang dulu sempat menjadi pemain kunci Swiss.

Sementara itu, Fabian Schar yang sudah selesai menjalani skorsing, siap untuk membela negaranya dalam pertandingan kali ini.

Sementara itu, dari kubu Irlandia Utara, Pelatih Michael O’Neill mengatakan laga kedua nanti adalah sebuah pertandingan yang sulit. Kendati begitu dia tetap optimistis dengan performa anak asuhnya.

“Meski sulit, ini bukan tugas yang tidak dapat diatasi. Saya tahu para pemain akan memberikan segalanya pada laga nanti,” papar pelatih berusia 48 tahun itu.

Rasa percaya diri juga ditunjukkan dari pemain senior Norn Iron, julukan Irlandia Utara, Aaron Hughes. Dia mengaku punya strategi jitu untuk membantu timnya menang pada laga nanti.

“Kami harus lebih banyak menguasai bola pada pertandingan nanti. Dengan begitu kami akan mampu menekan Swiss,” ujar Hughes.

PERKIRAAN PEMAIN
SWISS (4-2-3-1)
Sommer; Lichtsteiner, Schar, Akanji, Rodríguez; Zakaria, Xhaka; Mehmedi, Shaqiri, Zuber; Seferovic.
Pelatih: Vladimir Petkovic

IRLANDIA UTARA (4-5-1)
McGovern; McLaughlin, McAuley, J Evans, Brunt; Magennis, Norwood, Davis, Saville, Ward; K Lafferty.
Pelatih: Michael O’Neill


Editor : Abdul Haris