Hakan Sukur, Pemain Legendaris Timnas Turki yang Kini Jadi Sopir Taksi

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 13:13 WIB
Hakan Sukur, Pemain Legendaris Timnas Turki yang Kini Jadi Sopir Taksi

Hakan Sukur saat memperkuat Timnas Turki (Foto: Ahval)

SAN FRANSISCO, iNews.id - Nasib Hakan Sukur berubah 180 derajat. Dari megabintang sepak bola, pria berusia 48 tahun itu kini terbuang di Amerika Serikat dan berprofesi sebagai sopir taksi online.

Sukur pernah menjadi idola ketika mengantarkan Timnas Turki merebut peringkat ketiga di Piala Dunia 2002 lalu. Dia bahkan sempat memperkuat klub raksasa Eropa seperti Galatasaray dan Inter Milan.

Namun nasibnya berubah ketika dia terjun ke dunia politik. Sukur sempat menjadi anggota parlemen pada 2011 lalu. Tapi di tengah jalan dia beda pendapat dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Sukur dianggap sebagai salah satu dari kelompok yang ingin mengudeta kekuasaan. Akhirnya dia diasingkan ke Amerika Serikat dan nasibnya terlunta-lunta.

“Saya pindah ke AS dan awalnya mengelola kafe di California. Namun, banyak orang aneh yang datang. Sekarang saya menjadi sopir Uber dan menjual buku,” kata Sukur dikutip Welt am Sonntag.

“Saya tak memiliki apa pun, Erdogan mengambil segalanya. Saya tak punya hak untuk bebas, berekspresi, atau bekerja. Tidak ada yang bisa menjelaskan peran saya. Padahal, saya tidak melakukan sesuatu yang ilegal dan bukan pengkhianat atau teroris,” ujarnya.

Sukur mengaku sering menerima ancaman. Meski begitu, dia masih mencintai negaranya sepenuh hati.

"Mungkin saat ini saya masih dianggap sebagai musuh pemerintah. Tapi bukan (musuh) dari negara atau masyarakat Turki. Setelah berpisah dengan Erdogan, saya menerima banyak ancaman. Toko istri saya diserang, anak-anak saya dilecehkan, ayah saya dipenjara, dan seluruh aset saya disita. Namun saya masih mencintai Turki," tuturnya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama