Piala Dunia 2018

Ini 9 Fakta Menarik Usai Argentina Dipermalukan Kroasia

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 22 Juni 2018 - 16:12 WIB
Ini 9 Fakta Menarik Usai Argentina Dipermalukan Kroasia

Argentina dipermalukan Kroasia 0-3 pada lanjutan Grup D di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (22/6/2018) dini hari WIB. (Foto: fifa.com)

NIZHNY NOVGOROD, iNews.id – Tim nasional Argentina nyaris tersingkir dari Piala Dunia 2018 usai kalah 0-3 dari Kroasia pada lanjutan Grup D di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (22/6/2018) dini hari WIB.

Akibat hasil minor tersebut, Lionel Messi dkk tertahan di peringkat ketiga klasemen dengan nilai satu. Poin yang mereka kumpulkan sama dengan Islandia di tangga kedua yang masih punya satu laga lebih banyak. Sedangkan Kroasia kokoh di singgasana klasemen dengan enam angka dan sudah dipastikan lolos ke fase gugur.

Untuk bisa lolos ke babak 16 Besar, nasib Argentina kini tergantung performa Islandia. Jika tim besutan Heimir Hallgrimsson itu bisa menyapu bersih dua laga sisa dengan hasil positif, maka sudah dipastikan La Albiceleste harus angkat koper dari Rusia.

Kini, yang bisa dilakukan Argentina hanyalah mendulang poin penuh di laga pamungkas grup melawan Nigeria sambil menggantungkan nasib kepada Islandia. Namun selain hampir tertutupnya kans juara dunia dua kali itu ke fase gugur, ada beberapa fakta menarik yang muncul akibat kekalahan tersebut. Berikut ulasannya dikutip Opta.

1958 – Ini merupakan kekalahan terbesar kedua yang pernah dialami Argentina di fase grup Piala Dunia sejak 1958. Pada hajatan yang diselenggarakan Swedia itu, La Albiceleste kalah telak 1-6 dari Cekoslowakia.

12 – Itu kekalahan pertama yang didapat Argentina di fase grup Piala Dunia dalam 12 laga terkini. Terakhir kali memetik hasil minor yakni saat kalah kalah 0-1 dari Inggris di periode 2002.

4 – Argentina telah melewati empat pertandingan terakhir di putaran final Piala Dunia tanpa kemenangan selama 90 menit. Itu merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah. Catatan itu dimulai ketika bermain imbang tanpa gol lawan Belanda pada semifinal Piala Dunia empat tahun lalu.

3 – Tahun ini, Argentina bisa saja tersingkir di fase grup Piala Dunia. Sepanjang sejarah, Argentina sudah tiga kali gagal ke fase gugur dan di saat yang bersamaan Brasil selalu menjadi juara (1958, 1962, dan 2002).

2 – Pada laga tersebut gelandang Kroasia Ante Rebic menyumbang satu gol. Torehan tersebut merupakan persembahan kedua bagi negaranya di penampilan yang ke-18. Sebelumnya dia mencetak gol kala Kroasia menang 2-1 atas Liechtenstein pada Agustus 2013.

2 – Kapten Kroasia Luka Modric turut mencetak gol pada laga tersebut. Untuk pertama kalinya pemain Real Madrid itu membukukan gol dalam dua laga secara beruntun untuk Kroasia. Sebelumnya dia mencetak satu gol lewat titik putih saat timnya menang 2-0 atas Nigeria. Itu juga merupakan gol internasional pertama Modric dari situasi open play lebih dari dua tahun lamanya.

2 – Untuk kedua kalinya Kroasia berhasil menang dalam dua laga awal Piala Dunia. Sebelumnya mereka bisa melakukannya pada edisi 1998 (menang 3-1 atas Jamaika dan 1-0 atas Jepang)

1 – Untuk pertama kali Argentina kebobolan di dua pertandingan awal Piala Dunia (melawan Islandia 1-1). Terakhir kali gawang mereka bergetar pada dua laga beruntun yakni edisi 1986. (menang 3-1 atas Korea Selatan dan seri 1-1 melawan Italia). Namun kala itu, Argentina yang dipimpin Diego Maradona berhasil jadi juara di akhir turnamen.

1 – Untuk pertama kalinya, Argentina gagal menjadi juara grup sejak 2002.


Editor : Abdul Haris