Insiden Pengeroyokan Suporter, Pemerintah Indonesia Kirim Nota Protes ke Pemerintah Malaysia

Haryo Jati Waseso ยท Sabtu, 23 November 2019 - 14:44 WIB
Insiden Pengeroyokan Suporter, Pemerintah Indonesia Kirim Nota Protes ke Pemerintah Malaysia

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto. (Foto: iNews.id/Ilma de Sabrini)

JAKARTA, iNews.id - Viralnya video pengeroyokan suporter Indonesia oleh sejumlah orang yang disinyalir pendukung Malaysia, berbuntut panjang. Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengirimkan nota protes kepada pemerintah Malaysia terkait kasus tersebut.

Video pengeroyokan itu viral setelah Timnas Indonesia ditaklukkan Malaysia 0-2 di Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019). Pada video tersebut, terlihat sejumlah orang memukuli beberapa orang yang merupakan pendukung timnas Indonesia hingga berdarah-darah.

Hal itu membuat pihak pemerintah langsung mengirimkan nota protes yang ditandatangani Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dan ditujukan kepada Menpora Malaysia Syed Saddiq. Pada surat tersebut, pemerintah dan masyarakat Indonesia merasa kecewa serta mengutuk keras kejadian tersebut.

Pemerintah Indonesia pun meminta kepada Pemerintah Malaysia agar melakukan proses hukum atas terjadinya penganiayaan oleh oknum suporter Malaysia terhadap suporter Indonesia.

Pemerintah Indonesia meminta agar proses hukum tersebut berjalan secara prosedural, obyektif dan transparan. Selain itu, Pemerintah Indonesia meminta adanya permohanan maaf secepatnya dari Pemerintah Malaysia atas insiden ini.

Hal itu berkaca dengan cepatnya Menpora Indonesia menyampaikan permohonan maaf ketika insiden yang nyaris sama terjadi di Stadion Gelar Bung Karno, pada 5 September 2019.

Kemenpora menilai kedua permintaan ini dianggap perlu dilakukan demi menghormati hubungan baik kedua negara, karena insiden tersebut memiliki potensi untuk merusaknya.


Editor : Haryo Jati Waseso