Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Super Eropa, Stephanie Frappart Bangga

Reynaldi Hermawan · Rabu, 14 Agustus 2019 - 18:35 WIB
Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Super Eropa, Stephanie Frappart Bangga

Stephanie Frappart wasit yang akan memimpin laga Piala Super 2019 antara Liverpool vs Chelsea di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. (Foto: CHRISTOPHE SIMON/AFP)

ISTANBUL, iNews.id – Wasit wanita asal Prancis Stephanie Frappart tak bisa menyembunyikan rasa bangga setelah ditunjuk memimpin duel Piala Super Eropa 2019, yang mempertemukan Liverpool kontra Chelsea di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Dia menjadi wanita pertama di dunia yang mendapat kesempatan tersebut.

Sebelumnya, Frappart juga mengukir sejarah karena menjadi wanita pertama yang memimpin pertandingan Ligue 1, April lalu. Perempuan 35 tahun itu memimpin duel antara Amiens melawan Strasbourg. 

“Saya sangat senang. Ini benar-benar kejutan. Saya tidak pernah berpikir akan diberi tugas memimpin Piala Super Eropa. Ini jadi kehormatan besar bagi saya,” kata Frappart dilansir laman UEFA.

“Penunjukan ini juga sebuah kebanggaan untuk seluruh wasit wanita di dunia. Saya harap bisa menjadi contoh bagi wasit perempuan, dan untuk setiap gadis muda yang mungkin bercita-cita menjadi wasit,” ujarnya.

Pada duel dini hari nanti, wasit yang mengawali kariernya sebagai pengadil di Ligue 2 itu akan ditemani dua rekannya yang juga seorang wanita, yakni Manuela Nicolosi (Prancis) dan Michelle O'Neal (Republik Irlandia). 

Ketiganya merupakan wasit final Piala Dunia Wanita 2019.  Mereka akan didampingi dua orang asisten wasit lainnya yang merupakan pria, yaitu Cuneyt Cakir dari Turki (ofisial keempat) dan Clement Turpin dari Prancis, yang mengawasi Video Assistant Referee (VAR).  





Editor : Haryo Jati Waseso