Jelang New Normal, Polandia Izinkan Suporter Sepak Bola Datangi Stadion

Antara ยท Sabtu, 30 Mei 2020 - 11:59 WIB
Jelang New Normal, Polandia Izinkan Suporter Sepak Bola Datangi Stadion

Suporter Timnas Polandia (Foto: Daily Mail)

WARSAWA, iNews.id - Liga Polandia musim 2019/2020 kembali digelar mulai 19 Juni. Nantinya seluruh pertandingan diadakan secara terbuka alias boleh melibatkan penonton di stadion.

Keputusan ini tentu mengejutkan sebab pandemi corona belum sepenuhnya usai. Agar virus tidak kembali menyebar, kompetisi lain seperti Bundesliga Jerman memilih mengadakan pertandingan tanpa suporter. Bahkan Ligue 1 Prancis dan Eredivisie Belanda sampai menghentikan jalannya kompetisi musim 2019/2020.

Tapi Polandia berani mengambil keputusan menggelar pertandingan dengan suporter. Namun jumlahnya hanya 25 persen saja dari kapasitas stadion.

"Asosiasi Sepak Bola Polandia dan Liga Premier telah memutuskan tanggal 19 (Juni), sehingga dimungkinkan untuk mempersiapkan segalanya sesuai prosedur yang benar," kata Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki.

"Kita semua membutuhkan sepak bola dan olahraga. Ini adalah elemen penting kembalinya kita ke normalitas yang baru. Itulah sebabnya kami memberi kesempatan kepada penggemar sepak bola untuk berpartisipasi dalam acara-acara di stadion, tentu saja setelah dipenuhinya langkah-langkah keamanan yang memadai. Aturan khusus akan segera diumumkan," tuturnya.

Sebelum terhenti, Liga Utama Polandia sudah memasuki pekan ke-26. Masih ada empat pertandingan lagi sebelum masuk ke babak championship.

"Semua pemain telah diuji Covid-19 dan hasilnya negatif. Kami sangat siap kembali berkompetisi. Orang-orang yang akan datang ke stadion bakal aman. Ini menjadi saat yang tepat untuk mempromosikan sepak bola Polandia di Eropa," ucap Presiden Liga Polandia, Marcin Animucki.

Editor : Bagusthira Evan Pratama