Kalahkan Kosta Rika, Meksiko Hadapi Haiti di Semifinal Piala Emas 2019

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 30 Juni 2019 - 14:30 WIB
Kalahkan Kosta Rika, Meksiko Hadapi Haiti di Semifinal Piala Emas 2019

Defender Meksiko Carlos Salcedo (3) dan rekan-rekannya merayakan sukses mereka ke semifinal Piala Emas CONCACAF usai menang 5-4 lewat adu penalti kontra Kota Rika di NRG Stadium, Minggu (30/6/2019) siang WIB. (Foto: AFP)

HOUSTON, iNews.id - Tim nasional Meksiko akan menghadapi Haiti pada babak semifinal Piala Emas Concacaf 2019. Meksiko lolos usai menang 5-4 lewat adu penalti, setelah bermain imbang 1-1 dengan Kota Rika sampai perpanjangan waktu pada babak perempat final di NRG Stadium, Minggu (30/6/2019) siang WIB. 
 
Meksiko mengendalikan jalannya laga sejak pertandingan dimulai. Mereka bahkan mendapat peluang setelah Jonathan dos Santos melepaskan tembakan ke gawang Kosta Rika. Namun, tembakannya masih bisa dihentikan kiper Kosta Rika Leonel Moreira. 
 
Setelah itu, tim asuhan Gerardo Martino tersebut beberapa kali melancarkan serangan ke gawang lawan. Uriel Antuna mendapat dua peluang apik, pada menit ke-13. Namun, sepakannya masih belum bisa menaklukkan Moreira. 
 
Bertekad untuk mencetak gol, Meksiko terus memborbardir pertahanan Kosta Rika. Edson Alvarez kemudian mencoba peruntungannya dan melepaskan tembakan dari jarak jauh. Sayang, sepakannya masih terlalu pelan, dan dengan mudah dihalau Moreira. 
 
Meksiko akhirnya memimpin pada menit ke-44. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Raul Jimenez menyambar bola dan sukses mencetak gol. Setelah itu, tak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir. 
 
Pada babak kedua, Kosta Rika berupaya untuk menyerang balik. Mereka kemudian mendapat peluang saat Joel Campbell dijatuhkan di kotak penalti, dan wasit menunjuk titik putih. Bryan Ruiz yang menjadi eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya dan menyamakan skor. 
 
Tak mau menyerah, Meksiko mencari celah untuk kembali memimpin. Andres Guardado yang menggiring bola ke area pertahanan Kosta Rika mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan jarak jauh pada menit ke-63. Tetapi, bola masih menghantam mistar gawang. 
 
Kosta Rika kemudian menguasai bola dan memperoleh sejumlah peluang. Namun, mereka tak mampu memaksimalkan serangannya akibat pertahanan Meksiko yang ketat. Akibatnya, tak ada gol tambahan tercipta hingga waktu normal usai. 
 
Pada babak tambahan pertama, Meksiko beberapa kali mengancam gawang Kosta Rika. Tetapi, penyelesaian akhir yang terlalu terburu-buru membuat mereka tak bisa mencetak gol, hingga tambahan waktu pertama usai. 
 
Setelah itu, giliran Kosta Rika yang membangun serangan pada babak tambahan waktu kedua. Tetapi, Kiper Meksiko Guillermo Ochoa masih terlalu tangguh, dan mampu menjaga gawangnya. Kedua tim pun harus menjalani adu penalti. 
 
Pada babak adu penalti, dua ekskutor Kosta Rika gagal melaksanakan tugasnya tembakan Randall Leal meleset, sedangkan tembakan Keysher Fuller dihentikan Ochoa. Sementara Meksiko hanya Jimenez yang sepakannya ditahan. Dengan kemenangan ini, Meksiko berhak ke semifinal. 
 
Sementara pada pertandingan lainnya, Haiti berhasil menang 3-2 atas Kanada di NRG Stadium. Kanada sempat memimpin terlebih dahulu lewat gol Jonathan David pada menit ke-18 serta Lucas Cavalini (28). Tetapi, Haiti sukses bangkit berkat torehan Duckens Nazon (50), Herve Bazile (70) dan Wilde Donald Guerrier (76).


Editor : Abdul Haris