Kalahkan PSV, Ajax Juara Johan Cruyff Shield 2019

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 28 Juli 2019 - 01:15 WIB
Kalahkan PSV, Ajax Juara Johan Cruyff Shield 2019

Pemain Ajax Amsterdam Daley Blind merayakan gol yang dibuatnya saat mengalahkan PSV Eindhoven 2-0 pada ajang Johan Cruyff Shield di Johan Cruijf Arena, Sabtu (27/7/2019). (Foto: AFC Ajax)

AMSTERDAM, iNews.id - Ajax Amsterdam menjadi juara Johan Cruyff Shield 2019, usai menang 2-0 atas PSV Eindhoven di Amsterdam Arena, Minggu (28/7/2019) dini hari WIB. Titel itu merupakan yang kesembilan bagi De Godenzonen, setelah sebelumnya menjadi juara pada edisi 1993, 1994, 1995, 2002, 2005, 2006, 2007 dan 2013.

Laga baru berjalan satu menit, Ajax sudah langsung memimpin. Kasper Dolberg memaksimalkan umpan dari Donny van de Beek untuk menjebol gawang PSV yang dijaga Jeroen Zoet.

Beberapa menit kemudian, Ajax berusaha untuk menggandakan keunggulan. Tetapi, upaya Dolberg pada menit keempat itu masih belum bisa membuahkan hasil, karena sepakannya melebar ke sisi gawang.

Setelah itu, tempo permainan cenderung menurun. Keadaan itu membuat bola lebih banyak bertahan di tengah lapangan, dan mengakibatkan kedua tim kesulitan menciptakan peluang.

Ajax kemudian berinisiatif untuk membangun serangan pada menit ke-43. Daley Blind mencoba peruntungannya dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, upayanya masih melambung ke atas mistar gawang, dan babak pertama berakhir tanpa ada gol tambahan.

Pada babak kedua, Ajax mencoba untuk menjaga momentum. Mereka pun berhasil menggandakan keunggulan melalui Blind pada menit ke-53. Wasit sempat menggunakan Video Assistant Referee (VAR), tetapi gol Blind tetap disahkan.

Tertinggal, PSV berusaha untuk menyerang balik pada menit ke-72. Donyell Malen berhasil membongkar pertahanan Ajax dan melepaskan tembakan. Namun, serangannya masih melambung ke atas gawang.

Tak mau kebobolan, Ajax kemudian merapatkan pertahanannya. Mereka berhasil meredam serangan yang dilancarkan PSV, dan mempertahankan keunggulan hingga laga usai.

SUSUNAN PEMAIN
AJAX AMSTERDAM (4-2-3-1)
Onana; Veltman, Schuurs, Martinez (Schoene 59), Dest; Marin, Blind (Magallan 83); Tadic, Van de Beek, Promes (Ziyech 59); Dolberg
Pelatih: Erik ten Hag

PSV EINDHOVEN (4-2-3-1)
Zoet; Sadilek, Buscagli, Luckassen, Dumfries; Hendrix (Gutierrez 46), Rosario; Gakpo, Bergwijn (Lozano 59), Bruma (Malen 46); Lammers
Pelatih: Mark van Bommel


Editor : Haryo Jati Waseso