Kapten Timnas Indonesia U-16 Bocorkan Ritual Wajib di Ruang Ganti: Zikir dan Murottal

rio eristiawan · Sabtu, 01 Oktober 2022 - 05:53:00 WIB
Kapten Timnas Indonesia U-16 Bocorkan Ritual Wajib di Ruang Ganti: Zikir dan Murottal
Sosok kapten Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022 menarik untuk diulas. Pemain tersebut bernama Muhammad Iqbal Gwijangge. (Foto: Ist)

BOGOR, iNews.id - Kapten Timnas Indonesia U-16 Iqbal Gwijangge bocorkan ritual wajib di ruang ganti. Ternyata dia dan rekan-rekannya kerap berzikir dan mendengarkan murottal.

Iqbal dan kolega tengah bersiap menatap Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Garuda Asia gabung Grup B bersama Guam, Uni Emirat Arab (UEA), Palestina dan Malaysia.

Di laga perdana Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi lawan yang tidak begitu sulit. Tim asuhan Bima Sakti itu bakal melawan Guam, Senin (3/10/2022) mendatang.

Menjelang laga, Iqbal membocorkan rahasia dapur Timnas Indonesia U-16. Dia mengatakan sebelum laga dimulai Bima Sakti memutar murottal di ruang ganti untuk membuat para pemain lebih tenang dan meminta banyak berzikir. 

"Sebelum pertandingan di ruang kami, coach bima memperbolehkan kami mendengarkan murotal agar kami lebih tenang lagi. Zikir dan banyak istighfar dan banyak mengingat lagi instruksi saat latihan agar kami tidak bingung lagi," kata Iqbal dalam konferensi pers, Jumat (30/9/2022).

Ucapan Iqbal dibenarkan oleh Bima Sakti. Dia mengatakan para pemainya yang non muslim juga mendapatkan hal yang sama, tetapi dengan mendengarkan atau membaca kitab suci masing-masing.

"Kebiasaan kami memberikan kesempatan buat mereka. Kami banyak video-video bukan hanya muslim saja. Non muslim juga ada video. Kami memberikan kesempatan semua berdoa sesuai agama masing-masing dan melihat wajah orang tua lewat foto," tutupnya.

Editor : Reynaldi Hermawan

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda