Kasus FFP, Manchester City Dilarang Tampil di Kompetisi Eropa 2 Musim

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 05:21 WIB
Kasus FFP, Manchester City Dilarang Tampil di Kompetisi Eropa 2 Musim

Manchester City terjerat sanksi tak boleh tampil di kompetisi Eropa selama 2 tahun. (Foto: mcfcwatch.com)

MANCHESTER, iNews.id – Juara bertahan Premier League Manchester City disanksi UEFA yakni larangan bermain di kompetisi Eropa selama dua musim. Hukuman tersebut diberikan setelah The Citizens dianggap melanggar Financial Fair Play (FFP).

Melansir The Sun, City dinyatakan bersalah karena melebih-lebihkan pendapatan sponsornya dari rentang 2012 hingga 2016. Sanksi itu keluar setelah Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) menggelar investigasi.

UEFA mulai menggelar penyelidikan terhadap laporan keuangan City setelah adanya tudingan dari Der Spiegel, November 2018. Majalah ternama Jerman itu kabarnya mendapat data dari Whistleblower Football Leaks.

Selain sanksi larangan bermain di kejuaraan Eropa, tim besutan Pep Guardiola itu juga didenda 30 juta euro atau sekitar Rp444 miliar. City tak terima dengan dua sanksi tersebut dan akan segera mengajukan banding.

“City kecewa tetapi tidak terkejut mendengar pengumuman UEFA hari ini. Ini adalah kasus yang diprakarsai oleh UEFA, dituntut oleh UEFA dan diadili oleh UEFA,” bunyi pernyataan klub.

“Dengan demikian, langkah pertama yang akan dilakukan City saat ini adalah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).”

Jika City benar bersalah, mereka tidak akan bermain di Liga Champions musim depan. Itu artinya, jika Sergio Aguero dan kolega finis empat besar di Premier League musim ini, maka tim yang berada di posisi kelima berhak menggantikan slot mereka.


Editor : Abdul Haris