Makoto Hasebe dan Keisuke Honda Pensiun dari Timnas Jepang

Syukron Fadillah ยท Selasa, 03 Juli 2018 - 23:35 WIB
Makoto Hasebe dan Keisuke Honda Pensiun dari Timnas Jepang

Gelandang serang Jepang Keisuke Honde memutuskan pensiun dari timnas. (Foto: Sky Sports)

TOKYO, iNews.id - Dua penggawa timnas Jepang di Piala Dunia 2018 Makoto Hasebe dan Keisuke Honda memutuskan pensiun dari sepak bola internasional. Keduanya pensiun dari timnas usai nyaris mengantar Jepang lolos ke perempat final setelah unggul dua gol lebih dulu sebelum dibalikkan Belgia 2-3.

Dalam kekalahan tersebut Hasebe dan Honda berada di atas lapangan. Kegagalan tersebut membuat Honda menyudahi kariernya bersama tim berjuluk Samurai Biru. Dia meyakini, pemain muda yang dimiliki Jepang cepat atau lambat akan mengisi posisinya di timnas.

"Kami telah menunjukkan bagaimana sepak bola Jepang tumbuh. Karena itu saya putuskan menyudahi karier bersama tim nasional," kata Honda dikutip dari Sky Sports, Selasa (3/7/2018).

"Saya pensiun di saat kami memiliki banyak pemain muda. Saya yakin mereka dapat membuat sejarah baru bagi sepak bola Jepang," ungkapnya.

Permainan mengesankan sejatinya ditunjukkan skuat Akira Nishino saat meladeni Belgia. Gol Genki Haraguchi (48) dan Takashi Inui (52) sempat membuat tim besutan Roberto Martinez khawatir. Akan tetapi, tiga gol beruntun Belgia yang dicetak Jan Vertonghen (69), Marouane Fellaini (74), dan Nacer Chadli (90) memulangkan Jepang lebih cepat dari Rusia.

"Belgia pantas menang tetapi kami juga sudah bermain sebaik mungkin. Laga tersebut pun menjadi pertandingan di Piala Dunia yang terakhir. Itulah kenyataannya," ucapnya.

"Sejujurnya saya ingin membawa tim ke babak selanjutnya. Tetapi gagal memikul tugas tersebut, meskipun telah melakukan semua yang saya mampu. Saya juga mengucapkan terima kasih untuk semua rekan setim," ujarnya.

Seperti Honda, Hasebe pun memutuskan mundur dari timnas Jepang. Hasebe telah mengenakan seragam Samurai Biru sejak Piala Dunia 2006 di Jerman.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan yang telah berjuang selama 12 tahun kurang. Juga tentunya kepada publik Jepang yang sangat mendukung saya," kata Hasebe.

"Saya juga pendukung tim nasional. Jadi mari sama-sama kita bermimpi tentang masa depan timnas Jepang. Terima kasih atas segalanya saya ucapkan dari lubuk hati yang paling dalam," ungkapnya.

Honda mundur dari timnas Jepang di usia 32 tahun setelah menorehkan 37 gol dari 98 pertandingan. Sedangkan Hasebe menutup karier timnas di umur 34 tahun setelah bermain 114 kali.


Editor : Achmad Syukron Fadillah