Menpora Zainudin Amali Minta Kasus Pengeroyokan Suporter Ditangani Hingga Tuntas

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 24 November 2019 - 17:25 WIB
Menpora Zainudin Amali Minta Kasus Pengeroyokan Suporter Ditangani Hingga Tuntas

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (Foto: Dok Kemenpora)

SURABAYA, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta Pemerintah Malaysia untuk mengusut tuntas kasus pengeroyokan suporter Timnas Indonesia. Dia berharap pelaku segera ditangkap dan diadili sesuai undang-undang.

"Kami dari pemerintah meminta untuk mengusut secara tuntas tentang insiden dan kejadian yang dialami masyarakat Indonesia khususnya suporter," kata Menpora di sela-sela kunjungannya ke Surabaya, Sabtu (23/11/2019) malam.

“Jika sudah meminta maaf, pastinya akan kita maafkan. Tetapi insidennya tetap harus diusut dan jika ada pelanggaran hukum, maka hukum harus ditegakkan dengan transparan dan adil,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Zainudin Amali juga menuntut Menpora Malaysia untuk meminta maaf melalui surat resmi. Dia menilai pemintaan maaf melalui media sosial saja masih belum cukup.

“Sebaiknya karena kami mengirim surat secara resmi, maka dijawab juga surat Pemerintah Indonesia secara resmi pula dan urusan diplomatik menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri. Ini menjadi penilaian kita bagaimana cara bertetangga dengan baik karena kita sudah menunjukkan hal serupa,” tuturnya.

Video pengeroyokan itu sudah beredar luas sejak beberapa hari lalu. Menpora Malaysia, Syed Saddiq sempat menyebut bahwa kejadian itu hoaks alias tidak benar. Namun tak lama berselang, dia meralat pernyataannya dan meminta maaf di akun Twitter pribadinya.


Editor : Bagusthira Evan Pratama