Piala Afrika 2019

Nigeria ke Semifinal Berkat Gol di Menit Akhir, Rohr: Kami Beruntung

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 11 Juli 2019 - 05:25 WIB
Nigeria ke Semifinal Berkat Gol di Menit Akhir, Rohr: Kami Beruntung

Bek timnas Nigeria William Troost-Ekong merayakan gol yang dicetaknya kala menang 2-1 atas Afrika Selatan pada perempat final Piala Afrika 2019 di Cairo International Stadium, Kamis (11/7/2019) dini hari WIB. (Foto: Khaled DESOUKI/AFP)

KAIRO, iNews.id – Gol di menit akhir yang dicetak William Troost-Ekong mengantarkan tim nasional Nigeria untuk menang 2-1 atas Afrika Selatan (Afsel) pada perempat final Piala Afrika 2019 di Cairo International Stadium, Kamis (11/7/2019) dini hari WIB. Pelatih Nigeria Gernot Rohr mengaku timnya beruntung bisa menang.

Nigeria sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Samuel Chukwueze pada menit ke-27. Tetapi, Afsel mampu menyamakan kedudukan lewat torehan Bongani Zungu (71).

Baru pada menit ke-89, Troost-Ekong yang merupakan penggawa Udinese itu, menentukan kemenangan Nigeria di laga itu. Rohr menilai semangat bermain yang dimiliki anak asuhnya menjadi kunci utama untuk meraih kemenangan, meski mengakui lawan tampil menyulitkan.

“Kami beruntung bisa mencetak gol pada menit-menit akhir. Kami memiliki mental yang bagus untuk bisa meraih kemenangan,” kata pelatih berusia 66 tahun tersebut di laman resmi CAF.

Rohr pun mengakui sang lawan merupakan tim yang tangguh, apalagi Bafana Bafana mampu menyingkirkan Mesir 1-0 pada babak 16 besar, Minggu (7/7/2019). Tetapi, Rohr melihat lawannya itu kesulitan untuk mempertahankan performa bagusnya.

“Pertandingan ini begitu hebat. Afsel merupakan tim bagus, dan menjalani laga melawan Mesir dengan baik. Tetapi, sulit untuk bisa melakukannya dua kali secara beruntun,” ujarnya.

Selanjutnya, Nigeria akan pemenang laga antara Pantai Gading melawan Aljazair, di babak semifinal. Rohr merasa siapa pun lawannya akan memberkan kesulitan. Tetapi, dia yakin timnya bisa kembali meraih hasil positif.

“Laga selanjutnya (di semifinal akan lebih sulit, tetapi kami akan siap menghadapinya,” tutur pria yang sempat menangani timnas Gabon, Niger dan Burkina Faso, sebelum melatih Nigeria.

SUSUNAN PEMAIN
NIGERIA (4-2-3-1)
Akpeyi; Awaziem, Troost-Ekong, Omeruo, Collins; Etebo, Ndidi; Chukwueze, Iwobi (Balogun 90), Musa (Simon 81); Ighalo
Pelatih: Gernot Rohr

AFRIKA SELATAN (4-3-3)
Williams; Mkhize, Hlatshwayo, Mkhwanazi, Hlanti; Zungu, Furman, Mokotjo; Tau, Lorch (Zwane 59), Mothiba (Veldwijk 86)
Pelatih: Stuart Baxter


Editor : Haryo Jati Waseso