Pelatih Persija Thomas Doll Kesal Shin Tae-yong Jadi Bintang Iklan: Dia Seperti Badut!
 
                 
                BEKASI, iNews.id - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll mengkritik keras arstitek taktik Timnas Indonesia, Shin Tae-yong yang menjadi bintang iklan. Doll menyebut Shin Tae-yong kehilangan wibawanya sebagai pelatih dan malah jadi seperti badut.
Hubungan antara Doll dan Shin Tae-yong memanas setelah polemik pemanggilan pemain ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20. Doll diketahui tidak menyukai banyak pemainnya dilepas ke skuad Garuda Muda.
 
                                Hingga akhirnya, polemik ini bermuara pada pertemuan antara jajaran Persija Jakarta, termasuk Doll, dan Timnas Indonesia. Namun, Shin Tae-yong tidak hadir dalam pertemuan virtual tersebut.
Juru taktik asal Korea Selatan itu diwakili oleh asistennya, Nova Arianto. Ketidakhadiran Shin Tae-yong membuat Doll murka dan menyebutnya tidak respek dengan polemik ini.
 
                                        
Luapan amarah ini disampaikan Doll dalam konferensi pers jelang laga Persija versus Arema FC, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Sabtu (11/2/2023) sore WIB. Setelah itu, Doll langsung mengkritik Shin Tae-yong yang tampil sebagai bintang iklan.
 
                                        Pelatih asal Jerman itu mengatakan Shin Tae-yong kehilangan wibawanya sebagai pelatih ketika tampil sebagai bintang iklan. Menurutnya, Shin Tae-yong lebih pantas disebut sebagai badut.
"Jujur, saya pikir dia (Shin Tae-yong) tidak bisa serius. Ketika saya melihat dia menjadi iklan di televisi dia seperti badut bukan seperti pelatih sepak bola. Saya tidak mengetahui, apakah itu (iklan) spaghetti atau makanan lainnya," kata Doll kepada awak media, termasuk iNews.id, Sabtu (11/2/2023).
 
                                        "Tidak, tidak boleh terjadi dengan Pelatih Timnas, saya tidak pernah melihat sebelumnya ada pelatih melakukan hal itu (menjadi bintang iklan), dan itu tidak baik untuk pelatih sepak bola karena menurut saya itu tidak menunjukkan keseriusan dan menurut saya itu lebih cocok menjadi badut dibandingkan pelatih," ungkapnya.
Sekadar diketahui, Shin Tae-yong memang sempat membintangi beberapa iklan. Dua di antaranya ialah iklan makanan khas Korea Selatan dan produk minuman kopi.
 
                                        Editor: Dimas Wahyu Indrajaya