Pemain Asing Persib Jalani Pemeriksaan Covid-19 Sebelum Kembali ke Negaranya

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 19:15 WIB
Pemain Asing Persib Jalani Pemeriksaan Covid-19 Sebelum Kembali ke Negaranya

Fabiano Beltrame. (Foto: Media LIB)

BANDUNG, iNews.id - Sejumlah pemain asing Persib Bandung menjalani tes Covid-19 sebelum mendapat izin meninggalkan Bandung. Prosedur tersebut dilakukan untuk memastikan mereka tidak membawa virus ketika pulang ke negara masing-masing.

PSSI memperpanjang penundaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai batas waktu belum ditentukan menyusul semakin masifnya wabah Covid-19 di Indonesia. Di tengah ketidakpastian, beberapa pemain asing Persib berencana pulang ke kampung halaman masing-masing.

Manajemen Persib memberikan kelonggaran pada para pemain asing meninggalkan Bandung, namun dengan syarat harus terlebih dulu menjalani pemeriksaan Covid-19. Tiga pemain asing yang menjalani pemeriksaan hari Kamis (26/3/2020) yakni Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame dan Wander Luiz. Selain mereka, pelatih Robert Rene Alberts juga melakukan pemeriksaan.

Dokter tim Persib, dr. M. Raffi Ghani, mengaku tes ini merupakan agenda yang sangat penting untuk skuad Maung Bandung. Selain untuk memastikan tidak adanya yang terpapar Covid-19, hasil tes juga digunakan untuk memantau kondisi terkini pemain sebelum kembali ke negaranya.

“Ini adalah pengecekan kepada yang belum tes. Ini untuk mendeteksi sedini mungkin apakah terpapar atau tidak virus corona. Dan bagi pemain asing beberapa memerlukan keterangan bebas Covid-19 untuk bisa pulang,” kata Raffi di laman resmi Persib.

Raffi kini berharap seluruh penggawa Persib bisa menjaga kondisinya hingga kompetisi kembali dimulai. Dia juga berdoa agar situasi sulit ini bisa segera usai.

“Sekarang yang terpenting adalah kita semua bisa saling menjaga diri dan menjaga kebersihan. Kita berdoa agar penyerbaran wabah ini bisa berhenti dan putus secepatnya,” ujarnya.


Editor : Arif Budiwinarto