PT LIB: Jadwal Kompetisi 2019 Diputuskan 20 Januari

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 05 Januari 2019 - 00:07 WIB
PT LIB: Jadwal Kompetisi 2019 Diputuskan 20 Januari

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id – Chief Operating Officer PT LIB Tigor Shalomboboy mengungkapkan pihaknya belum bisa menentukan kapan Liga 1, 2 dan 3 musim 2019 bergulir. Menurutnya, jadwal kompetisi baru akan diputuskan pada kongres PSSI, 20 Januari mendatang.

Sebelumnya, ada spekulasi kalau keseluruhan liga bakal bergulir usai Pemilihan Presiden, 17 April 2019. Namun pencinta sepak bola Tanah Air memprediksi dengan jumlah tim peserta yang ada, liga akan berlangsung dua tahun kalender, jika dimulai pada bulan tersebut, yaitu pertengahan 2019 hingga pertengahan 2020. Sementara liga di Indonesia biasanya digelar dalam satu tahun kalender.

Di tengah polemik yang terjadi, PT LIB selaku operator kompetisi juga belum bisa memastikannya. Rangkaian jadwal liga baru bisa dibuat setelah ditentukan pada kongres PSSI, yang hingga kini juga masih belum jelas bakal digelar di Medan atau Bali.

Selain masalah waktu bergulirnya kompetisi, kongres tersebut juga akan membahas jumlah kontestan Liga 2. Pada musim mendatang, Liga 2 dipastikan tanpa PS Mojokerto Putera baru saja disanksi Komite Disiplin PSSI akibat pengaturan skor.

“Liga 2 sejatinya diikuti 24 kontestan. Jika memang akan tetap bergulir dengan jumlah tersebut, kami akan mengikuti kebijakan PSSI. Namun kalau 23 (tanpa PS Mojokerto) kami tidak masalah. Kompetisi akan tetap berjalan,” kata Tigor saat ditemuai di Kantor PT LIB, Sudirman, Jumat (4/1/2019).

Musim lalu, mahkota juara Liga 1 jatuh ke tangan Persija Jakarta. Sementara kampiun Liga 2 bisa diraih PSS Sleman yang dihuni bomber veteran Cristian Gonzales. Kemudian titel Liga 3 direbut Persik Kediri.


Editor : Haryo Jati Waseso