Quique Setien, Kagumi Messi Sampai Mati dan Pecinta Catur

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 17:10 WIB
Quique Setien, Kagumi Messi Sampai Mati dan Pecinta Catur

Quique Setien. (Foto: Barcablaugranes)

BARCELONA, iNews.id – Barcelona mendepak Ernesto Valverde dari kursi kepelatihan. Tak tunggu lama, Klub Katalan itu langsung menunjuk Quique Setien sebagai suksesornya, Selasa (14/1/2020).

Sepak bola Negeri Matador tak asing buat Setien. Dia pernah melatih Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan Real Betis. Mantan gelandang Atletico Madrid itu tercatat sudah pernah melawan Blaugrana tujuh kali sebagai pelatih.

Rinciannya, Setien memetik enam kali kalah dan hanya sekali menang. Satu kemenangan terjadi di Camp Nou pada ajang La Liga 2018/2019 saat menukangi Betis. Ada satu pemain di skuat Blaugrana yang memikat hatinya yakni sang kapten Lionel Messi.

“Saya pernah diundang Pep Guardiola (mantan pelatih Barcelona) untuk menyaksikan Messi dari tepi lapangan. Setelah itu saya menemui Messi dan memintanya terus bermain dan menghibur hingga saya 60 tahun atau minimal sampai mati,” kata Setien dilansir Marca.

Selain pengagum Messi sejati, dia juga ternyata sangat mengagumi olahraga catur. Juru taktik yang kini sudah berusia 61 tahun itu pernah melawan mantan juara dunia Anatoli Karpov dan Gary Kasparov.

Pertanyaannya sekarang, bisakah Setien memperbaiki performa Barcelona yang kini belum konsisten? Sepanjanag karier kepelatihannya, dia tercatat belum pernah meraih satu pun trofi. Pria kelahiran Cantabria itu hanya pernah membawa Santander promosi ke La Liga 2002 dan mengangkat Lugo ke Sugunda Division 2013.

Editor : Abdul Haris