Real Madrid Ungguli Barcelona, Ini 5 Klub Paling Populer di Dunia Maya

Reynaldi Hermawan · Rabu, 23 September 2020 - 21:10:00 WIB
Real Madrid Ungguli Barcelona, Ini 5 Klub Paling Populer di Dunia Maya
Real Madrid (Foto: AS)

MADRID, iNews.id – Sepak bola olahraga tim yang paling populer di muka bumi. Berkat kemudahan akses siaran langsung di seluruh dunia, popularitas olahraga ini terus meningkat selama satu dekade terakhir.

Pendukung beberapa klub besar melejit seiring berjalannya waktu, bahkan di luar negara asal tim tersebut. Sulit memang memetakan berapa banyak jumlah suporter tiap klub di masing-masing negara.

Saat ini yang kita bisa lakukan hanya menghitung jumlah suporter mereka beradsarkan platform media sosial. Tim mana yang paling banyak pendukungnya? Berikut ulasannya dikutip dari Sportskeeda, Rabu (23/9/2020):

5. Chelsea (86,8 juta)

Chelsea menang 3-1 atas Manchester United (Foto: Sportskeeda)

Juara Premier League lima kali Chelsea berada di posisi kelima. Tim yang kini dilatih Frank Lampard itu memiliki lebih banyak follower ketimbang Manchester City atau Paris Saint-Germain.

Chelsea mulai menjadi tim yang disegani di papan atas Inggris pada awal abad ini. Sejak saat itu, mereka telah menambah 19 trofi ke dalam lemari koleksi, termasuk titel Liga Champions pada musim 2011/2012.

Inilah rincian 86,8 juta penggemar Chelsea di media sosial: 
Facebook - 48,3 juta like 
Twitter - 15,1 juta pengikut 
Instagram - 23,4 juta pengikut

4. Juventus (96,6 juta)

Pasukan Juventus merayakan salah satu gol mereka ke gawang Sampdoria pada pekan perdana Serie A di Allianz Stadium, Senin (21/9/2020) dini hari WIB. (Foto: Juventus)

Juventus tim terkuat di Italia saat ini. Bagaimana tidak, si Nyonya Tua berhasil memboyong scudetto selama sembilan musim beruntun. Klub Turin itu juga diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo.

Kedatangan CR7 menguntungkan Juventus baik di dalam atau di luar lapangan. Orang Portugal itu adalah salah satu tokoh olahraga paling populer di dunia dan memiliki peran besar dalam hal menambah penggemar media sosial si Nyonya Tua.

Inilah rincian 96,6 juta pendukung Juventus di media sosial: 
Facebook - 42,5 juta like 
Twitter - 11,3 juta pengikut (di semua akun twitter) 
Instagram - 42,8 juta pengikut

3. Manchester United (135,8 juta)

Para pemain Manchester United merayakan gol penalti Bruno Fernandes (kedua kanan) saat menghadapi FC Copenhagen pada perempat final Liga Europa di Rhein Energie Stadion, Koln, Jerman, Selasa (11/8/2020) dini hari WIB. (Foto: AFP))

Klub satu ini punya warisan yang kaya. Banyak pemain legendaris yang pernah bermain di sana. Sayangnya The Red Devils belum kembali menemukan jati diri setelah kepergian Sir Alex Ferguson pada 2013.

Meski demikian popularitas mereka sama sekali tidak luntur. Baru-baru ini survei yang dilakukan Kantar Media mengungkapkan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu memiliki basis penggemar sebesar 1,1 miliar di seluruh dunia. Tapi keakuratan survei masih diragukan.

Ini rincian 135,8 juta pendukung MU di media sosial: 
Facebook - 73,2 juta like 
Twitter - 25,7 juta pengikut (di semua akun twitter) 
Instagram - 36,9 juta pengikut

2. Barcelona (254,7 juta)

Striker Barcelona, Lionel Messi (Foto: AS)

Barcelona memiliki hampir dua kali lipat jumlah suporter darings daripada MU. Klub Katalan mendapat dukungan di dunia karena skuat mereka diisi banyak pemain bintang, salah satunya yang terhebat sepanjang masa yaitu Lionel Messi.

Permainan tiki-taka yang menghibur juga menjadi daya tarik Blaugrana. Beberapa pihak mengklaim total pendukung Barcelona sekitar 500 juta. Sayangnya jumlah tersebut tak didukung  bukti kuat.

Ini rincian 254,7 juta pendukung Barcelona di media sosial: 
Facebook - 103,1 juta like 
Twitter - 61,8 juta pengikut (di semua akun twitter) 
Instagram - 89,8 juta pengikut

1. Real Madrid (259,1 juta)

Para pemain Real Madrid merayakan gol mereka ke gawang Athletic Bilbao pada jornada ke-34 La Liga di San Mames, Minggu (5/7/2020) malam WIB. (Foto: Twitter @realmadrid)

Madrid adalah adalah bangsawan dalam hal klub sepak bola. Mereka merupakan klub tersukses dalam sejarah Liga Champions dengan 13 trofi. Los Blancos juga selalu sukses merekrut talenta terbesar di Eropa.

Klub Ibu Kota Spanyol itu mengungguli rival abadinya, Barcelona, untuk urusan suporter. Kepergian Ronaldo dan Gareth Bale tidak membuat popularitas mereka menurun. Kemenangan La Liga musim lalu terus memperluas basis penggemar Los Blancos di seluruh dunia.

Ini rincian 259,1 juta pendukung Madrid di media sosial: 
Facebook - 111 juta like 
Twitter - 56,8 juta pengikut (di semua akun twitter) 
Instagram - 91,4 juta pengikut


Editor : Abdul Haris