Resmi, Liga Belanda Diakhiri Tanpa Juara, Degradasi dan Promosi

Abdul Haris ยท Jumat, 24 April 2020 - 23:44 WIB
Resmi, Liga Belanda Diakhiri Tanpa Juara, Degradasi dan Promosi

Eredivisie terpaksa harus dihentikan karena tak ada izin dari pemerintah Belanda sampai September mendatang. (Foto: Eredivisie)

AMSTERDAM, iNews.id –  Liga Belanda Eredivisie resmi diakhiri tanpa ada juara, degradasi, dan promosi. Hal ini tak lepas dari keputusan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, Kamis (23/4/2020), bahwa semua acara publik, termasuk sepak bola profesional di negara itu, dilarang hingga 1 September mendatang, untuk memutus penyebaran pandemi virus corona.

Kini, telah dipastikan Eredivisie tak akan melanjutkan sembilan pekan tersisa, dan tak akan menentukan pemenang liga untuk pertama kalinya sejak 1945.

Namun, untuk berkiprah di level Eropa, tetap akan dipakai posisi klasemen terkini. Artinya, Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar yang ada di posisi pertama dan kedua dengan poin sama-sama 56 akan melaju ke Liga Champions 2020/2021. Ajak akan lolos langsung ke fase grup, sementara AZ akan memulai dari playoff.

Sementara Feyenoord Rotterdam, PSV Eindhoven dan Willem II di posisi ketiga, keempat dan kelima berhak tampil di Liga Europa.

Sementara dua tim terbawah yakni ADO Den Haag dan RKC Waalwijk akan tetap bertahan di kasta tertinggi, karena tidak adanya dua tim dari Divisi Kedua yang akan mendapatkan promosi.

Editor : Abdul Haris