Sejarah Hari Ini: Timnas Indonesia Kalahkan China di Kualifikasi Piala Dunia 1958

Bagusthira Evan Pratama ยท Selasa, 12 Mei 2020 - 21:30 WIB
Sejarah Hari Ini: Timnas Indonesia Kalahkan China di Kualifikasi Piala Dunia 1958

Suporter Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id - Timnas Indonesia pernah mengukir catatan positif pada Kualifikasi Piala Dunia 1958 lalu. Ketika itu, Skuat Garuda mampu melaju ke putaran kedua usai merajai persaingan di Grup 1 Zona Asia dan Afrika.

Pada putaran awal, langkah Indonesia berjalan mulus setelah menang WO atas China Taipei (Taiwan). Di laga berikutnya, Indonesia harus menghadapi China dan pertandingan diselenggarakan di Stadion Ikada (sekarang Lapangan Monas), Jakarta, 12 Mei 1957.

Dalam laga tersebut, Indonesia masih dilatih oleh Toni Pogacnik. Awalnya tak ada gol yang tercipta sepanjang 45 menit pertama. Namun situasi berubah drastis ketika laga memasuki paruh kedua.

Sebagai tuan rumah, Indonesia mampu tampil begitu ciamik. Di menit 47, Ramang berhasil membuka keunggulan Tim Merah-Putih. Gol itu seolah membakar semangat para pemain untuk tampil lebih baik lagi.

Hasilnya, Ramang kembali mencetak gol di menit 78. Beberapa sumber mengatakan, salah satu dari gol itu dibuat melalui tendangan salto.

Sayangnya hasil serupa tak bisa diulangi pada pertemuan kedua. Tandang ke Stadion Aung San, Indonesia kalah 3-4. Meski demikian, tim asuhan Pogacnik keluar sebagai juara grup berkat keunggulan selisih gol.

Editor : Bagusthira Evan Pratama