Shin Tae-yong Berikan Tes Fisik untuk Timnas Indonesia

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 20:45 WIB
Shin Tae-yong Berikan Tes Fisik untuk Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terus menempa fisik para pemain yang mengikuti sesi pemusatan latihan (TC) di Jakarta. Kegiatan ini dilakukan di Lapangan G, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (19/2/2020).

Sebanyak 34 pemain tampak antusias mengikuti berbagai program yang diberikan pelatih. Mereka diharapkan bisa meningkatkan stamina karena masalah fisik menjadi pokok utama yang dikritisi oleh Shin Tae-yong.

“Pelatih meminta kami untuk bekerja keras dan disiplin. Hari ini kami diberikan menu tes fisik,” kata gelandang timnas, Saddil Ramdani.

Tes fisik ini menggunakan alat bernama Smart Gate. Alat tersebut untuk melihat sejauh mana kecepatan, kelincahan, serta kebugaran pemain.

Dengan Smart Gate, para pemain berlari mengikuti sinar lampu yang membuat mereka harus berganti arah dengan cepat. Nantinya, semua data pergerakan pemain terekam dalam perangkat lunak yang dapat diakses melalui komputer.

Data tersebut lalu dianalisis dan dievaluasi. Latihan seperti itu biasanya digunakan oleh atlet-atlet dunia dari beragam cabang olahraga seperti sepak bola, atletik, bola basket, dan rugbi.

Kegiatan ini ditujukan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Pada Maret mendatang, Skuat Garuda dijadwalkan untuk bertarung melawan Thailand dan Uni Emirat Arab.

Editor : Bagusthira Evan Pratama