Sosok Alfin Lestaluhu, Bek Timnas U-16 yang Jadi Korban Gempa Ambon

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 03 Oktober 2019 - 14:39 WIB
Sosok Alfin Lestaluhu, Bek Timnas U-16 yang Jadi Korban Gempa Ambon

Pemain Timnas Indonesia U-16 Alfin Lestaluhu. (Foto: Instagarm@officialpssi)

AMBON, iNews.id – Gempa 6,5 skala richter mengguncang Kota Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019). Banyak korban yang berjatuhan akibat musibah tersebut dan salah satunya Bek Tim Nasional Indonesia U-16 Alfin Lestaluhu.

Bek kanan lincah itu merupakan andalan Coach Bima Sakti di skuat Garuda Asia. Servisnya dipakai Timnas U-16 saat melakoni Piala AFF U-16 di Chonburi, Thailand, 27 Juli sampai 9 Agustus.

Berkat sentuhannya, pasukan Bima berhasil merebut peringkat ketiga pada ajang tersebut setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 lewat adu penalti. Babak tos-tosan terpaksa dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal.

Berkat kepiawaiannya mengolah si kulit bundar, Alfin kembali dipanggil Bima pada ajang kualifikasi Piala Asia 2020. Pada hajatan tersebut, Timnas U-16 berada di Grup G bersama Brunei Darussalam, Filipina, Kapulauan Mariana Utara dan China.

Alfin berhasil menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-0 melawan Filipina di laga pembuka yang digelar di Stadion Madya. Timnas U-16 akhirnya lolos ke Piala Asia 2020, karena finis sebagai runner-up terbaik di bawah China.

Sayangnya, Alfin kini terbaring lemah di Rumah Sakit Ambon setelah sempat berada di tenda pengungsian pascagempa. Pemuda 16 tahun itu syok melihat tragedi gempa di Ambon hingga tidak mau makan. Raut wajahnya pucat dan diberi alat bantu pernapasan.

Kabar tersebut pertama kali mengudara ke publik lewat unggahan Bima di Instagram. Juru taktik asal Balikpapan itu meminta doa masyarakat Tanah Air untuk kesembuhan pemain yang punya suara merdu ketika melantunkan azan.

“Tetap kuat Alfin seperti halnya cita–cita menjadi pemain timnas. Seperti karakter yang selalu ditunjukkan di atas lapangan. Alfin tak kenal lelah dan kompromi mengahalau semua serangan lawan dalam setiap pertandingan. Ayo anak muda bangkit dan semangat,” tulis Bima.

“Terima kasih kepada bapak Erwin Syahril Al Thaib Lestaluhu beserta ibu yang telah mendidik Alfin. Dia anak baik, sopan dan rajin beribadah. Satu lagi, suara azannya merdu sekali. Luar biasa,” lanjut tulisan tersebut.

Bantuan juga diberikan PSSI yang langsung menugaskan Ketua Asosiasi Provinsi Maluku Sopyan Lestaluhu untuk menjenguknya. Direktur Media PSSI Gatot Widakdo mengatakan, selain materi, PSSI sudah mengirimkan dokter ke Ambon guna memantau langsung kondisi Alfin.

Editor : Haryo Jati Waseso