Southgate Ikut Serang Ronaldo soal Coca-Cola: Uang Sponsor untuk Pendanaan Turnamen

Cikal Bintang ยท Jumat, 18 Juni 2021 - 18:26:00 WIB
Southgate Ikut Serang Ronaldo soal Coca-Cola: Uang Sponsor untuk Pendanaan Turnamen
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate (Foto: Independent)

LONDON, iNews.id- Aksi Cristiano Ronaldo menyingkirkan botol Coca-Cola saat konferensi pers laga Hungaria vs Portugal memunculkan beragam reaksi. Kini giliran pelatih Inggris Gareth Southgate ikut menyudutkan Ronaldo.

Aksi memindahkan botol minuman sponsor Euro 2020, baik bersoda atau beralkohol di kalangan para pemain memang sedang menjadi tren. Terhitung ada tiga pemain yang sudah melakukannya, ada Cristiano Ronaldo, Paul Pogba dan yang terakhir Manuel Locatelli.

Tidak hanya itu, tren ini sempat menimbulkan kontroversi. Pasalnya, setelah Ronaldo memindahkan botol soda tersebut, kabarnya saham Coca Cola menjadi anjlok. Terlebih, Ronaldo juga menyerukan untuk meminum air mineral saja.

Southgate mengatakan tindakan itu tak seharusnya dilakukan. Sebab, menurutnya, peran sponsor tak boleh dipandang sebelah mata dalam dunia olahraga. Banyak kontribusi yang diberikan para sponsor, salah satunya adalah pendanaan turnamen.

“Saya pikir ada banyak sponsor dalam olahraga dan dampak dari uang mereka di semua tingkatan membantu olahraga berjalan. Terutama olahraga di negara kita membutuhkan banyak investasi, dan tanpa beberapa perusahaan tersebut berinvestasi, sangat sulit untuk menyediakan fasilitas yang kita butuhkan,” kata Southgate dilansir dari Sportbible, Jumat (18/6/2021).

“Saya memahami kekhawatiran yang dimiliki beberapa orang pasti memiliki alasan berbeda untuk sikap yang mereka ambil,” ujarnya.

Sementara itu, atas rangkaian kejadian tersebut, UEFA memperingatkan semua tim untuk tidak lagi memindahkan botol-botol sponsor pendukung Piala Eropa 2020. Selain itu, UEFA juga menyampaikan hal tersebut akan mendukung perkembangan sepakbola di Benua Biru.

Editor : Ibnu Hariyanto