Piala Dunia 2018

Susunan Pemain Prancis Vs Kroasia: 2 Skema Serupa Warnai Partai Puncak

Syukron Fadillah ยท Minggu, 15 Juli 2018 - 21:14 WIB
Susunan Pemain Prancis Vs Kroasia: 2 Skema Serupa Warnai Partai Puncak

Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps usung 4-2-3-1 menghadapi skuat Zlatko Dalic yang juga menggunakan skema serupa. (Foto: Fifa.com)

MOSKOW, iNews.id - Timnas Prancis dan Kroasia akan menggunakan skema yang sama dalam laga final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018) malam WIB. Didier Deschamps dan Zlatko Dalic memasang formasi serupa, yakni 4-2-3-1.

Kylian Mbappe dan Blaise Matuidi ditugaskan untuk menyisir lini sayap pertahanan lawan. Kecenderungan Mbappe seperti dalam laga sebelumnya, yakni akan lebih sering menusuk langsung ke jantung pertahanan. Sedangkan Blaise, lebih banyak membuka ruang sambil memanfaatkan lebar lapangan untuk kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti.

Sedangkan Antoine Griezmann akan menjadi pengatur serangan pertama tim Ayam Jantan sambil bergerak mengacaukan pertahanan Kroasia. Umpan dan sepakannya dari lini kedua wajib diantisipasi tim lawan.

Paul Pogba dan Kante menjadi penyeimbang permainan. Keduanya menjadi pemotong bola pertama yang masuk ke daerah sendiri, sekaligus menjadi penopang serangan Prancis.

Sementara, Ivan Perisic dan Ante Rebic diharapkan bermain apik seperti pada laga-laga sebelumnya di kanan dan kiri permainan. Keduanya cukup rajin membuka ruang sehingga pemain belakang lawan lengah dalam mengawal Mario Mandzukic yang kembali dimainkan sebagai striker tunggal.

Kali ini Luka Modric diyakini bakal mendapat kesulitan berarti menghadapi lini tengah Prancis. Karena itu Mateo Brozovic dan Ivan Rakitic diharapkan ikut andil dalam duel perebutan bola di lini tengah.

Kunci laga kali ini berada di sektor tengah dan sayap. Tim mana yang mampu menguasai dua lini tersebut berpotensi menyudahi laga dengan gelar juara dunia.

SUSUNAN PEMAIN
PRANCIS (4-2-3-1)
Hugo Lloris; Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Pavard; N'Golo Kante, Paul Pogba; Blaise Mautuidi, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud
Pelatih: Didier Deschamps

KROASIA (4-2-3-1)
Danijel Subasic; Ivan Strinic, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Sime Vrsaljko; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ivan Perisic, Luka Modric, Ante Rebic; Mario Mandzukic
Pelatih: Zlatko Dalic

Editor : Achmad Syukron Fadillah