Playoff Piala Dunia 2018

Swiss Tiru Cara Jerman untuk Jinakkan Irlandia Utara

Abdul Haris ยท Jumat, 10 November 2017 - 11:31 WIB
Swiss Tiru Cara Jerman untuk Jinakkan Irlandia Utara

Para pemain Swiss merayakan satu gol kemenangan 1-0 kontra Irlandia Utara pada leg pertama playoff Piala Dunia 2018 di Windsor Park, Belfast, Jumat (10/11/2017) dini hari WIB.

BELFAST, iNews.id - Kecemerlangan strategi yang diambil Pelatih Swiss Vladimir Petkovic berbuah manis. Dia meniru cara Jerman bermain dengan tak mau dikuasai gaya lawan menghasilkan kemenangan 1-0 pada leg pertama playoff Piala Dunia 2018 di Windsor Park, Belfast, markas Irlandia Utara, Jumat (10/11/2017) dini hari WIB.

Sebuah gol dari penalti kontroversial yang dicetak Ricardo Rodriguez pada menit ke-58 cukup untuk membuat Swiss berada di atas angin untuk lolos ke Rusia karena leg kedua akan digelar di kandang sendiri di St Jakob-Park, Basel, Senin (13/11/2017) dini hari WIB.

Penalti itu diberikan setelah Chris Evans dianggap handball di kotak terlarang saat menahan tembakan Xherdan Shaqiri. Padahal, dalam tayangan ulang terlihat bola mengenai punggungnya.

Terlepas dari perdebatan itu, keputusan Petkovic menerapkan strateginya patut dapat acungan jempol. Dia belajar dari kekalahan kembar 0-2 Norwegia dan Republik Ceko di Belfast pada kualifikasi lalu. Saat itu, kedua tim tersebut tak bisa keluar dari agresivitas tuan rumah Irlandia Utara.

Jadi, Petkovic memilih kemenangan 3-1 Jerman di Windsor Park, bulan lalu, sebagai contoh. Kuncinya, mereka tak mau memberi kesempatan para pemain Irlandia Utara bisa mengembangkan permainannya.

"Kami bagus dalam bertahan, tapi juga yang penting kami menekan dengan tinggi, jadi mereka tak bisa memainkan bola di pertahanan, dan itu yang membuat kami dominan," paparnya kepada televisi Swiss SRF.

"Kami mencoba seperti yang dilakukan Jerman dengan menguasai bola, dan tak memberi mereka penguasaan 50-50 yang akan membuat mereka dapat peluang serangan balik dan menjadikan suara di stadion bergemuruh," ungkap Petkovic.

Terbukti, skema itu berjalan baik. Swiss mampu menguasai bola 63 persen, dan mampu menggagalkan tuan rumah melepas tembakan ke gawang dan melakukan 32 pelanggaran.

Di tangan Petkovic, tim berjuluk Die Nati itu memang tampil konsisten. Ini merupakan kemenangan kesepuluh mereka dalam 11 laga di kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka hanya sekali kalah dari Portugal di laga terakhir fase grup.

"Kami harus tetap membumi. Saya memprediksi laga kedua di Basel akan sama seperti ini. Tapi, kami harus maju lebih cepat, dan berusaha melepas lebih banyak tendangan jarak jauh," ucap Petkovic.


Editor : Abdul Haris