Piala Dunia 2018

Tak Berikan Penalti, Obi Mikel Pertanyakan Keputusan Wasit

Haryo Jati Waseso ยท Rabu, 27 Juni 2018 - 06:44 WIB
Tak Berikan Penalti, Obi Mikel Pertanyakan Keputusan Wasit

Para pemain Nigeria dan Argentina mengerubungi wasit Cuneyt Cakir ketika akan memeriksa VAR, pada ketika Tim Elang Super kalah 1-2 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. (Foto: Daily Mail)

SAINT PETERSBURG, iNews.id - Kapten tim nasional Nigeria John Obi Mikel mempertanyakan keputusan wasit yang tak memberikan penalti saat timnya dikalahkan Argentina 1-2 di Saint Petersburg Arena, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB pada laga Grup D Piala Dunia 2018. Menurutnya Marcos Rojo telah melakukan handball di kotak penalti.

Nigeria tertinggal lebih dulu setelah Lionel Messi menjebol gawang yang dijaga Francis Uzoho di menit ke-14. Nigeria sempat menyamakan kedudukan lewat penalti Victor Moses di menit ke-51, namun gol Rojo di menit ke-86 menggagalkan ambisi Elang Super ke babak 16 besar.

Sebelum mencetak gol penentu kemenangan Argentina, Rojo dicurigai telah melakukan handball. Pada sebuah serangan yang dibangun Nigeria, Rojo yang berusaha menghadang laju bola di kotak penalti mencoba menanduknya keluar.

Namun, bola kemudian terlihat mengenai tangannya. Wasit Cuneyt Cakir sempat meminta Video Referee Assistant (VAR) untuk membantunya menentukan keputusan. Tapi, setelah melihatnya wasit memutuskan tak ada penalti. Hal itu membuat Obi Mikel kecewa.

“Saya tak mengerti, mengapa hal itu bukan penalti. Bagi saya itu jelas handball. Jika Anda melihat pertandingan kemarin yang melibatkan Portugal, bahkan tak mendekati ini. Ini lebih buruk lagi, karena sangat terlihat. Dia menanduk bola dan kemudian mengenai tangannya,” tutur Obi Mikel dikutip Daily Mail.

“Mungkin wasit memberikan penalti pertama, tetapi enggan untuk yang kedua. Tapi penalti tetaplah penalti. Jika memang seperti itu, sudah seharusnya Anda memberikan penalti,” ujarnya mantan pemain Chelsea tersebut.

Obi Mikel mengungkapkan bahwa wasit sempat mengungkapkan kepadanya bahwa bola memang sempat mengenai tangan Rojo. Itu sebabnya, dia merasa bingung ketika pengadil asal Turki itu tak memberikan penalti.

“Kami melihatnya lagi di kamar ganti, itu jelas penalti. Tak ada alasan lain, wasit tak memberikannya. Dia melihat ke VAR. Saya pun sempat bertanya kepadanya. Dia pun mengungkapkan bola mengenai tangan. Namun, mengapa tak ada penalti. Dia hanya mengatakan tak tahu,” kata Obi Mikel.

Pelatih Nigeria Gernot Rohr mengaku kecewa timnya gagal lolos ke babak 16 besar. Hasil imbang di laga ini sebenarnya sudah cukup bagi Nigeria untuk lolos dari fase grup, mengingat Islandia kalah dari Kroasia dengan skor 1-2 di saat yang sama.

“Ini merupakan kekecewaan terbesar. Tim saya telah memberikan yang terbaik. Mereka memainkan babak kedua dengan baik gagal lolos hanya beberapa menit kemudian. Laga seperti ini yang membangun karakter tim,” ujar pembesut berkebangsaan Jerman itu.

“Pada akhirnya Argentina terus menekan. Mereka pun memiliki pemain hebat. Inilah level kejuaraan dan kami tak siap untuk itu sekarang. Sedikit keberuntungan juga berperan dan kami tak memilikinya sekarang,” tutur Rohr.


Editor : Haryo Jati Waseso