Timnas Spanyol Hanya Raih Hasil Imbang, Lopetegui Bela Pemainnya

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 04 Juni 2018 - 11:06 WIB
Timnas Spanyol Hanya Raih Hasil Imbang, Lopetegui Bela Pemainnya

Pelatih Spanyol Julen Lopetegui. (Foto: Juan Carlos Cardenas/EFE)

VILLAREAL, iNews.id - Penampilan tim nasional Spanyol menjadi sorotan saat ditahan imbang Swiss 1-1 pada pertandingan uji coba di Estadio de la Ceramica, Villarreal, Senin (4/6/2018) dini hari WIB. Skuat La Furia Roja dinilai tidak dapat memanfaatkan peluang dengan baik.

Selama pertandingan, Spanyol melepaskan 18 tembakan dengan lima di antaranya mengarah ke gawang Swiss. Pelatih Spanyol Julen Lopetegui menilai tim asuhannya sudah menekan pertahanan lawan, akan tetapi penyelesaiannya masih belum sempurna.

“Tim sudah melaksanakan banyak kerja bagus, dan kami gagal memanfaatkan peluang. Tetapi, kami memiliki intensitas serangan, ritme dan konsistensi melawan tim sekaliber Swiss.  Adalah hal yang paling penting,” kata Lopetegui dikutip dari football-espana.net.

Pelatih berusia 51 tahun itu menyayangkan tim asuhannya tidak dapat menyelesaikan peluang dengan baik. Meski begitu, La Furia Roja terus mengurung pertahanan Swiss sehingga sulit untuk balik menyerang ataupun mengembangkan permainan.

“Tentunya kami ingin separuh dari serangan kami membuahkan hasil. Tim ini melakukan banyak hal untuk membuat peluang. Saya senang kami memiliki banyak kesempatan dan tidak memberikan Swiss kesempatan,” ujar mantan pelatin FC Porto itu.

Dalam laga tersebut Lopetegui mengklaim sejumlah sektor masih harus diperbaiki sebelum gelaran Piala Dunia 2018 dimulai. Beberapa kali Lopetegui sempat mengubah strategi di paruh kedua untuk melahirkan variasi serangan.

“Kondisi itu yang kami cari. Tim tetap bermain dalam level tertinggi dan tampil menekan. Kami mengubah sejumlah hal di babak kedua dan mendapat pelajaran berharga,” kata pelatih yang sudah menangani Spanyol sejak 2016 itu.

Maka dari itu, Lopetegui menolak anggapan La Furia Roja tidak bermain maksimal. Apalagi mereka masih berada di tahap awal persiapan menuju Piala Dunia yang dimulai pekan depan.

“Saat kami tidak menang, masih ada hal positif yang diabil. Selalu ada yang dibenahi dan kami masih di awal persiapan. Kami harus tetap bekerja dan bersiap,” ucap pelatih kelahiran 28 Agustus itu.

Timnas Spanyol masih memiliki satu pertandingan uji coba sebelum mereka bertolak ke Rusia. Tim asuhan Lopetegui akan menghadapi Tunisia di Krasnodar Stadium, Minggu (10/6/2018) dini hari WIB.


Editor : Achmad Syukron Fadillah