Tudingan Presiden Muenchen kepada Oezil Salah Sasaran

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 24 Juli 2018 - 22:50 WIB
Tudingan Presiden Muenchen kepada Oezil Salah Sasaran

Gelandang Arsenal asal Jerman Mesut Oezil. (Foto: Sky Sports)

BERLIN, iNews.id - Keputusan Mesut Oezil untuk pensiun dari tim nasional mendapat pembelaan dari sang agen Dr Erkut Sogut. Salah satu ejekan datang dari Presiden Bayern Muenchen Uli Hoeness.

Sogut menilai ejekan yang dilontarkan Hoeness kepada Oezil salah sasaran. Sebelumnya, DFB menilai Oezil sudah mencoreng rasa nasionalisme usai kedapatan berfoto dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan awal Juni lalu. Foto bersama tersebut menjadi viral setelah diungah ke dalam akun instagram pribadi Oezil @m10_official.

Alhasil, badan sepak bola tertinggi di Jerman tersebut menganggap pemain berdarah Turki itu terlibat dalam kampanye politik Erdogan yang kembali mencalonkan sebagai presiden Turki. Namun, pemain Arsenal itu tak merasa ada maksud tersembunyi di balik foto tersebut.

Oezil hanya berfoto dengan presiden yang memimpin negara leluhurnya. Namun, DFB tak terima dengan alasan tersebut dan tetap menyudutkannya. Akibatnya, Oezil merasa mendapat perlakuan rasisme karena dia seorang imigran. Mantan pemain Real Madrid itu akhirnya memutuskan gantung sepatu dari timnas, Minggu (22/7/2018) waktu setempat.

Setelah pensiun, rupanya Hoeness menyebut Oezil lemah. Selain itu, dia juga bersyukur pemain Arsenal itu memutuskan pensiun karena dianggap sebagai beban. Mendengar hal itu, Sogut merasa geram atas tudingan tersebut.

“Komentar Hoeness salah sasaran. Keputusan Mesut tak ada hubungannya dengan sepak bola. Dia berusaha menutupi masalah sesungguhnya, yakni isu rasisme yang sudah mengakar di Jerman,” kata Sogut dikutip dari Sky Sports.

Sogut menilai pemainnya itu sudah sangat berkontribusi bagi skuat Der Panzer. Dia tidak terima Oezil diberi label lemah karena sudah mencatatkan sejumlah rekor. Oezil pun memiliki kontribusi saat mengantar Jerman memenangkan Piala Dunia 2014.

“Perkataan Hoeness sama sekali tak berdasar dan tidak memiliki bukti. Berbicara statistik, Mesut mencetak 23 gol dan 40 assist, dan merupakan rekor di timnas Jerman. Dia juga lima kali meraih penghargaan pemain terbaik Jerman, di mana tiga di antaranya didapatkan usai 2014,” ujarnya.

Editor : Achmad Syukron Fadillah