Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia: Tim Garuda Dihantam Lima Gol Tanpa Balas

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 11 Oktober 2019 - 01:03 WIB
Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia: Tim Garuda Dihantam Lima Gol Tanpa Balas

Pemain timnas Indonesia Andik Vermansah (kanan) tberaksi ketika Tim Garuda kalah 0-5 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Kamis (11/10/2019) malam. (Foto: KARIM SAHIB/AFP)

DUBAI, iNews.id - Timnas Indonesia menelan kekalahan telak 0-5 dari Uni Emirat Arab (UEA) pada laga Grup G putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Kamis (11/10/2019) malam. Tuan rumah memang mendominasi permainan.

UEA langsung tampil menyerang sejak pertandingan dimulai dan menebar ancaman ketika laga baru berjalan satu menit. Tetapi, Kiper Timnas Indonesia Wawan Hendrawan tampil apik untuk menahan serangan lawan.

Timnas kemudian berusaha untuk menyerang balik pada menit ke-17. Beto Goncalves membuka serangan dan menembus sisi kanan pertahanan UEA. Serangannya kemudian gagal karena lawan bisa langsung merebutnya.

Tuan rumah kembali menyerang pada menit ke-20. Khalil Ibrahim mendapat peluang, setelah sukses melewati pemain Timnas. Untungnya, Bek Timnas Hansamu Yama bisa mengantisipasi serangannya dan merebut bola.

UEA terus memberikan tekanan kepada Timnas. Keadaan itu membuat Wawan melakukan kesalahan karena gagal menangkap tembakan Striker UEA Ali Mabkhout dengan sempurna. Makbhout langsung berusaha meneruskannya dengan sebuah tembakan, tetapi masih melambung tinggi ke atas gawang Timnas.

Akhirnya UEA memecah kebuntuan pada menit ke-41. Khalil Ibrahim melepaskan tembakan ke gawang Timnas. Wawan sebenarnya bisa menahan bola. Tapi penyelamatannya yang tak sempurna, membuat Khalil langsung menyambar bola liar untuk mencetak gol.

Berusaha untuk bangkit, Timnas mulai membangun serangan pada babak kedua. Hanya saja, gerakan Zulfiandi mampu dibaca oleh para penggawa UEA yang menyerang balik.

Memasuki menit ke-51, UEA berhasil menggandakan keunggulannya. Makbhout menerima umpan dari Khalil Ibrahim dan melepaskan tembakan keras ke gawang Timnas yang tak mampu ditahan Wawan.

Petaka bagi Tim Garuda, Hansamu Yama diduga handsball oleh wasit di kotak penalti pada menit ke-63. Makbhout yang menjadi eksekutor pun mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Timnas semakin tertinggal pada menit ke-72. Makbhout berhasil lolos dari jebakan offside dan menggiring bola melewati Wawan, dan menceploskan bola ke gawang yang tak terjaga.

UEA semakin tak tersusul ketika pertandingan memasuki masa injury time. Tareq Ahmed berhasil membongkar pertahanan timnas dan mencetak gol kelima timnya di laga tersebut

SUSUNAN PEMAIN
UNI EMIRAT ARAB (5-4-1)
Khalid Eisa Bilal; Mohammed Al Menhali, Walid Abbas, Omar Alattas, Khalifa Al Ahmmadi, Ahmed Al Hmoudi; Ali Al Blooshi (Tareq Ahmed 78), Khalil Ibrahim (Omar Abdulrahman 59), Jassim Al Ablooshi (Ahmed Khalil 77), Ali Amro; Ali Mabkhout
Pelatih: Bert van Marwijk

INDONESIA (4-4-2)
Wawan Hendrawan; Yanto Basna, Hansamu Yama, Gavin Kwan, Ricky Fajrin; Andik Vermansah (Saddil Ramdani 55), Hanif Sjahbandi ,Zulfiandi, Dendi Santoso; Irfan Bachdim (Manahati Lestusen 69), Beto Goncalves (Stefano Lilipaly 63)
Pelatih: Simon McMenemy


Editor : Haryo Jati Waseso