Usir Zidane, Wasit Final Piala Dunia 2006 Buka Suara

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 19 Juli 2018 - 11:06 WIB
Usir Zidane, Wasit Final Piala Dunia 2006 Buka Suara

Wasit final Piala Dunia 2006 Horacio Elizondo akhirnya buka suara mengenai kartu merah untuk Zinedine Zidane. (Foto: ESPN)

QUILMES, iNews.id - Horacio Elizondo selaku wasit final Piala Dunia 2006 antara Prancis dan Italia akhirnya buka suara mengenai kartu merah untuk Zinedine Zidane. Saat itu, wasit asal Argentina itu membuat keputusan yang dinilai kontroversial.

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Gli Azzuri via adu penalti. Namun, Les Bleus sempat unggul terlebih dulu berkat gol dari Zidane dari titik putih. Namun, Marco Materazzi membalasanya lewat gol tandukan. Skor 1-1 pun bertahan hingga 120 menit pertandingan.

Insiden kartu merah akhirnya terjadi saat Zidane dan Marco Materazzi saling menatap. Sebelumnya bek tengah Italia itu menjaga ketat Zidane di dalam kotak penalti. Keduanya kemudian berlari bersama setelah bola kembali mampu dikuasai Italia.

Beberapa saat kemudian, Zidane tiba-tiba berhenti, berbalik dan menanduk dada Materazzi. Bek yang saat itu bermain di Inter Milan itu pun tersungkur kesakitan di tanah.

Meskipun permainan dihentikan, Elizondo tampaknya tidak melihat kejadian. "Saya melihat Materazzi tergeletak di lapangan, jadi pertandingan dihentikan sebentar. Melalui headset, saya bertanya apa yang terjadi, tetapi tidak ada yang melihat," kata Elizondo kepada Marca.

Wasit keempat, Luis Medina Cantalejo memberi tahu Elizondo tentang insiden itu melalui headset-nya. "Luis Medina Cantalejo menjadi penyelamat. Dia mengatakan tandukan Zidane kepada Materazzi. Saat saya melihat cuplikannya di hotel juga tak mempercayainya," ujarnya.

Begitu mendapat informasi yang dibutuhkan, Elizondo tak segan menunjukkan kartu merah kepada Zidane di menit ke-110. "Saya langsung ke tempat kejadian. Saya sudah memiliki informasi yang dibutuhkan dan mengusir Zidane," tuturnya.

Editor : Achmad Syukron Fadillah