Piala Dunia 2018

Vladimir Petkovic Beberkan Penyebab Kekalahan Swiss atas Swedia

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 04 Juli 2018 - 01:59 WIB
Vladimir Petkovic Beberkan Penyebab Kekalahan Swiss atas Swedia

Pelatih tim nasional Swiss Vladimir Petkovic membeberkan penyebab kekalahan 0-1 atas Swedia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Peterseburg. (Foto: Fifa.com)

SAINT PETERSBURG, iNews.id – Pelatih tim nasional Swiss Vladimir Petkovic membeberkan penyebab kekalahan 0-1 atas Swedia pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Peterseburg, Selasa (3/7/2018) malam WIB. Menurut Petkovic, performa di bawah standar anak asuhnya menjadi kendala utama.

Pada laga tersebut, Swiss mendominasi permainan dengan menguasai 63 persen bola yang bergulir. Namun Petkovic menilai Granit Xhaka dkk tak pintar memanfaatkan peluang dengan baik dan terpaksa harus angkat koper dari hajatan sepak bola empat tahunan itu.

Statistik mencatat, tim berjuluk La Nati itu menciptakan 18 percobaan mengancam dan empat di antaranya tepat sasaran. Namun dari kesuluruhan peluang tersebut tak ada satu gol pun yang bisa tercipta. Berbeda dengan Swedia yang memiliki tiga peluang sesuai target tapi satu di antaranya berbuah gol berkat torehan Emil Forsberg pada menit ke-66.

Dari catatan tersebut, Petkovic menilai penampilan Swiss tak lebih baik dari pertandingan sebelumnya. Sebelum dikalahkan Swedia, La Nati tak pernah mencicipi kekalahan di sembilan laga terakhir dan tiga di antaranya dilakoni pada penyisihan Grup E. Bahkan Swiss secara mengejutkan bisa menahan imbang 1-1 juara dunia lima kali Brasil di fase grup.

"Kami sangat kecewa. Kami jelas ingin berbuat lebih banyak di turnamen ini. Kami seharusnya bermain lebih baik ketimbang hanya menguasai bola. Karena itu tidak cukup untuk memenangkan pertandingan,” kata Petkovic dikutip Sports Mole.

"Dalam 10 atau 15 menit terakhir, kami mencoba bermain dengan lebih banyak emosi dan saya pikir itu menjadi lebih baik. Tetapi pada akhirnya itu tidak cukup untuk memberikan kami kemenangan," ucap mantan pelatih Lazio itu menambahkan.

Namun dia tetap berlapang dada menerima kekalahan tersebut. Tak lupa, Petkovic juga mengucapkan selamat kepada Swedia yang berhasil lolos ke perempat final untuk pertama kalinya sejak 1994.

"Kami juga memberi selamat kepada tim Swedia karena mereka telah bermain dengan baik. Mereka bisa memanfaatkan segala keunggulan yang dimiliki. Itu sudah cukup untuk mengalahkan kami. Begitu cetak gol, mereka sangat sulit untuk terkalahkan," ungkapnya.


Editor : Achmad Syukron Fadillah