Wales Lolos ke Euro 2020, Giggs: Kami Tunjukkan Kualitas dan Tekad

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 20 November 2019 - 13:40 WIB
Wales Lolos ke Euro 2020, Giggs: Kami Tunjukkan Kualitas dan Tekad

Pelatih Timnas Wales Ryan Giggs memberi salam kepada para suporter setelah timnya menang 2-0 atas Hungaria pada matchday terakhir Grup E Kualifikasi Euro 2020 di Cardiff City Stadium, Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. (Foto: ITV)

CARDIFF, iNews.id – Pelatih Timnas Wales Ryan Giggs lega timnya bisa lolos ke Euro 2020. Sukses itu terjadi berkat kemenangan 2-0 The Dragons atas Hungaria pada matchday terakhir Kualifikasi Euro 2020 di Cardiff City Stadium, Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. Dengan hasil itu, pasukan Giggs finis sebagai runner-up Grup E dengan poin 14.

Keberhasilan Wales itu tentu menjadi kejutan tersendiri. Pasalnya, mereka hanya memiliki poin 3, setelah tiga pertandingan, sehingga harus berjuang untuk bisa lolos. Namun, mereka akhirnya bisa bangkit dan lolos ke putaran final.

“Bukan tidak mungkin, tetapi saya sadar perjalanan kami akan sulit. Apa yang dilakukan pemain sejak saat itu untuk bangkit, menunjukkan kualitas, semangat dan tekad. Kami membutuhkan momentum ini untuk meraih hasil,” kata Giggs di laman resmi UEFA.

Pada pertandingan itu, Aaron Ramsey menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol pada menit ke-15 dan 47.  Giggs mengaku senang Ramsey bisa menampilkan performa terbaiknya dan membantu Wales ke Euro.

“Aaron Ramsey telah menampilkan kelas dan kualitas yang sangat kami rindukan. Lebih baik terlambat, ketimbang tidak sama sekali. Kami berhasil melakukannya bersama dan saya bisa memimpin negara ini tampil di Euro 2020,” ujarnya.

Berbeda dengan kebanyakan tim, Giggs lebih mempercayakan skuat yang berpengalaman dan minim ada pemain muda. Mantan pemain Manchester United itu menganggap pemain veteran bisa memaksimalkan pengalamannya.

“Banyak yang bisa dilakukan pemain muda. Tetapi, kami tidak bisa berbuat banyak tanpa kontribusi pemain berpengalaman dan saya meminta mereka untuk tampil maksimal. Joe Allen sudah bermain bagus, dan rasanya Wayne Hennessey menyamai rekor clean sheet,” tutur Giggs.


Editor : Abdul Haris