Awas, Kerentanan Ini Mungkinkan Hacker Akses Mac Anda

Dini Listiyani ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 16:10:00 WIB
Awas, Kerentanan Ini Mungkinkan Hacker Akses Mac Anda
Kerentanan Ini Mungkinkan Hacker Akses Mac Anda (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Apple baru saja merilis pembaruan untuk Mac dan MacBook yang mencakup dua perbaikan keamanan penting. Kerentanan ada di MacOS Monterey dan Anda harus memiliki versi 12.5.1 untuk menjaga Mac tetap aman dari eksploitasi aktif.  

Eksploitasi aktif adalah istilah keamanan komputer yang berarti kelemahan keamanan ini telah ditemukan dan digunakan hacker. Sementara rincian lengkap kerentanan dirahasiakan untuk memberi orang kesempatan mengunduh update, Apple memang membagikan beberapa informasi tentang masalah tersebut.  

MacOS Monterey 12.5 memiliki kelemahan keamanan di kernelnya, inti dari sistem operasi yang memungkinkan aplikasi mengeksekusi kode arbitrer dengan hak istimewa kernel. Artinya, aplikai dapat memperoleh akses penuh ke setiap aspek Mac Anda.  

Kerentanankedua ada di WebKit, software yang digunakan Mac untuk menampilkan situs. Artinya, Safari dna banyak aplikasi lain yang menggunakan kontn web memiliki eksploitasi CVE-2022-32893.  

Detail juga dicadangkan pada eksploitasi aktif atau kelemahan keamanan zero-day ini. Apple mencatat, konten web yang dibuat dengan jahat dapat menyebabkan eksekusi kode.  

Penting untuk memperbarui Mac Anda sesegera mungkin. Sementara itu, berhati-hatilah saat menjelajah dan mengunduh aplikasi, sebagaimana dikutip dari Digital Trends. 

Pembaruan keamanan yang sering tidak menyenangkan, tetapi diperlukan untuk menjaga Mac dan data Anda tetap aman. Kunjungan singkat ke System Preferences akan menampilkan titik notifikasi merah di panel Pembaruan Perangkat Lunak jika Anda perlu menginstal versi terbaru.

Editor : Dini Listiyani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda