Bingung Cara Pasang Set Top Box? Begini Caranya

Tangguh Yudha · Jumat, 02 Desember 2022 - 14:29:00 WIB
Bingung Cara Pasang Set Top Box? Begini Caranya
Seperti apa cara pasang set top box yang tepat? Simak ulasannya sebagai berikut.  (Foto: Mister Aladin)

JAKARTA, iNews.id - Banyak yang masih bingung cara pasang set top box. Bagaimana tidak, siaran televisi (TV) analog di seluruh wilayah Indonesia akan dimatikan secara serentak. Kebijakan ini disebut Analog Switch Off (ASO) yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Berbicara mengenai pemberhentian siaran TV Analog, Anda tidak perlu khawatir kehilangan siaran televisi kesayangan Anda. Bahkan, menonton keseruan Piala Dunia Qatar 2022 bisa dengan menggunakan set top box. Lalu, seperti apa cara pasang set top box yang tepat? Simak ulasannya sebagai berikut.
 
Ini dia Cara Pasang Set Top Box Yang Tepat
  
Sejak diumumkannya peralihan TV analog menjadi TV digital, banyak masyarakat yang khawatir lantaran tak bisa menonton TV lagi. Tentu, itu tidak jadi masalah besar jika Anda menggunakan set top box sesuai kebutuhan.

Lalu, jika Anda sudah memiliki set top box, apakah Anda juga mengetahui cara pasang set top box yang tepat? Nah, agar siaran TV Anda jernih dan tetap nyaman tanpa gangguan saat menyaksikan acara kesukaan, simaklah cara pasang set top box ke TV analog sebagai berikut ini.

1. Siapkanlah set top box (STB) analog dan pastikan bahwa STB itu mempunyai seri atau jenis DCB-T2 yang mana mendukung sambungan pada TV analog.
2. Anda perlu memastikan bahwa TV analog dalam posisi mati atau power off.
3. Cabutlah kabel antena yang telah terpasang di TV analog sebelumnya.
4. Sambungkanlah kabel antena ke port yang biasanya bernama ANT IN dan tersedia di bagian punggung STB
5. Selanjutnya, Anda perlu menyambungkan kabel HDMI dari port di STB ke TV analog.
6. Apabila TV analog belum mendukung sambungan HDMI, jangan khawatir. Itu juga bisa disambungkan dengan kabel bernama AV yang pada umumnya mempunyai tiga ujung konektor yang berwarna merah, kuning, dan putih.
7. Pastikanlah bahwa STB telah terhubung dengan daya, lalu nyalakan STB serta TV analog Anda.
8. Langkah selanjutnya, masuklah ke menu pengaturan TV analog, lalu pilih mode tampilan AV.
9. Setelah menu STB muncul, Anda perlu memilih opsi pencarian saluran. Kemudian, apabila daftar saluran siaran digital telah muncul, pilih opsi simpan, dan Anda bisa segera menyaksikan siaran digital di TV analog kesayangan Anda.
 
Setelah membaca dan memahami dengan seksama, apakah Anda sudah mengetahui cara pasang set top box yang tepat? Jika percobaan Anda berhasil, Anda akan bisa menyaksikan siaran TV lebih nyaman tanpa takut adanya gangguan. Bahkan, Anda bisa menikmati keseruan menonton bola dan acara TV lainnya dengan gambar yang lebih jernih.

Kabar Gembira buat Anda karena bisa beli Set Top Box Super Hemat di AladinMall

Sudahkah Anda mengetahui cara pasang set top box yang tepat? Juga sudah, kini saatnya Anda membeli set top box sesuai kebutuhan agar bisa menyaksikan TV dengan lebih jernih dan nyaman. Lalu, di mana Anda bisa membelinya? Tentu saja di AladinMall by Mister Aladin.
 
Ya, AladinMall menyediakan berbagai macam merek set top box yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda seperti Eroc, Sharp, dan Polytron. Tentunya, harga yang Anda dapatkan bisa lebih murah + Gratis Ongkir se-Indonesia. So pasti belanja jadi super hemat! 
 
Perlu kamu tau, AladinMall by Mister Aladin merupakan marketplace yang menyediakan berbagai macam barang, mulai dari fesyen, perlengkapan sehari-hari, barang elektronik, dan masih banyak lagi. Menariknya, AladinMall by Mister Aladin selalu memberikan promo gede-gedean + gratis ongkir se-Indonesia sehingga Anda akan selalu dimanjakan untuk bisa belanja super hemat sepuasnya! Simak juga info promo menariknya melalui Instagram official @aladin.mall. Yuk, checkout sekarang di AladinMall melalui AladinMall.id

Editor : Dani M Dahwilani

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda