Google Uji Coba Stadia di Perangkat Non-Pixel

Dini Listiyani ยท Senin, 13 Januari 2020 - 15:09 WIB
 Google Uji Coba Stadia di Perangkat Non-Pixel

Google Stadia (Foto: Google)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Google Stadia tampak memiliki potensi sukses, tapi untuk ponsel Android layanan hanya dapat dimainkan pada smartphone Pixel. Google akhirnya mengambil langkah untuk memperluas ketersediaan di ponsel non-Pixel.

Google Stadia mempunyai kemampuan untuk mengabaikan persyaratan hardware seperti PC atau konsol. Mengingat controller Google atas Chromecast, browser Chrome, dan Android, tidak sulit membayangkan Stadia akan dan harus tersedia di perangkat itu.

Tentu saja, Google memiliki kontrol lebih besar atas ponsel Pixel dibanding yang lain. Langkah tersebut wajar karena Google ingin memberikan beberapa perlakukan istimewa di perangkatnya.

Kendati demikian, menurut beberapa laporan Google tampaknya telah memulai pengujian A/B dari Stadia pada ponsel OEM lain, di mana subscribers disapa dengan 'This Screen' untuk memulai ponsel non-Pixel mereka.

Opsi This Screen tampaknya menghilang setelah satu pertandingan. Hal ini menunjukkan sifat yang hampir acak dari proses pengujian, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Senin (13/1/2020).

Tanpa dukungan, ada cara tidak resmi lain untuk menjalankan Stadia di perangkat Android yang menjalankan Android 9 Pie. Penekanan 'any' ternyata dapat menjalankan Stadia pada ebook reader, Onyx Boox Max 3, yang kebetulan menggunakan versi Android itu.

Selanjutnya, reader akan memiliki fitur X-mode yang meningkatkan kecepatan refresh rate untuk bermain game di luar E-Ink monokrom. Cara ini tentu saja tidak ideal untuk pengalaman Stadia.

Editor : Dini Listiyani