MediaTek Ingin Bawa Chipset Game ke Ponsel yang Lebih Murah

Dini Listiyani ยท Sabtu, 11 Januari 2020 - 12:01 WIB
MediaTek Ingin Bawa Chipset Game ke Ponsel yang Lebih Murah

MediaTek ingin bawa chipset game ke ponsel yang lebih murah (Foto: MediaTek)

CALIFORNIA, iNews.id - Chipset berlabel gaming sudah tersedia di pasaran tapi chip itu menargetkan ponsel untuk kelas menengah ke atas. MediaTek rupanya ingin membidik pasar yang berbeda melalui chipset gaming generasi terbaru mereka.

Chipset Helio G70 telah ditunda. Kini, MediaTek telah mengkonfirmasi SoC G-series low-end akan datang, sehingga harga ponsel gaming bisa lebih terjangkau.

Yenchi Lee dari MediaTek mengatakan kepada Android Authority, Sabtu (11/1/2020), chip G-series low-end akan ditempatkan di bawah seri G90 dalam segi kemampuan. Tapi, perbedaannya tidak akan terlalu jauh dengan seri G90.

"Jelas, ini lebih rendah dari G90T, ini lebih untuk pasar massal," kata Lee.

Sayangnya, MediaTek tidak mengungkapkan spesifikasi G-series low-end tersebut. Namun, satu dugaan mengarah ke desain CPU octa-core dan GPU Mali G-G52 MC2.

MediaTek adalah pelopor tren CPU tri-cluster atau triple power domain yang saat ini telah banyak terlihat pada chipset unggulan, membagi core CPU menjadi besar, sedang, dan kecil. Hal itu tidak terlihat di Dimensity 1000 atau Dimensity 800, tapi MediaTek mengatakan tidak akan menyerah pada teknologi.

"Saya pikir kami terus melakukan teknologi tri-cluster ini, dan Anda segera melihatnya di masa depan," ujar Lee tanpa mengungkapkan informasi peluncuran.


Editor : Dini Listiyani