Peneliti Bikin Robot Cumi-Cumi, Bisa Dorong Dirinya dengan Jet Air

Dini Listiyani ยท Sabtu, 10 Oktober 2020 - 16:30:00 WIB
Peneliti Bikin Robot Cumi-Cumi, Bisa Dorong Dirinya dengan Jet Air
Robot cumi-cumi (Foto: University of California San Diego)

JAKARTA, iNews.id - Para engineer dari UC San Diego menciptakan robot cumi-cumi untuk membantu menjelajahi lingkungan bawah air tanpa merusak karang atau kehidupan laut. Karena lunak, robot ini cenderung tidak membahayakan kehidupan akuatik.

Peneliti menggunakan bahan lembut terutama seperti polimer akrilik untuk membuat perangkat, bersama dengan beberapa bagian kaku yang dicetak 3D dan di laser-cut. Tim mengambil inspirasi dari mekanisme penggerak jet cumi-cumi asli untuk membantu robot berenang dengan sendirinya.

Dibutuhkan air ke dalam tubuh fleksibelnya, di mana dia juga menyimpan energi elastis. Robot dapat compress tubuhnya untuk melepaskan energi itu dan menggunakan semburan air guna mendorong dirinya sendiri.

Perangkat dapat menyesuaikan posisi nosel, sehingga dapat berenang ke segala arah. Para engineer mengklaim, robot dapat melakukan perjalanan sekitar setengah mil per jam, lebih cepat dibanding kebanyakan robot lunak.

Robot juga memiliki kompartemen tahan air yang dapat menampung kamera atau sensor lain, yang sangat penting untuk merekam data, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sabtu (10/10/2020). 

"Pada dasarnya, kami menciptakan kembali semua fitur utama yang digunakan cumi-cumi untuk berenang berkecepatan tinggi. Ini adalah robot tanpa tali pertama yang dapat menghasilkan gelombang jet untuk pergerakan cepat seperti cumi-cumi dan dapat mencapai gelombang jet ini dengan mengubah bentuk tubuhnya,"kata seorang profesor di departemen teknik mesin dan luar angkasa universitas Michael T. Tolley.

Editor : Dini Listiyani