Weekend, Waktu Tepat bagi Anda Membersihkan Komputer

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 15 Desember 2017 - 20:08 WIB
Weekend, Waktu Tepat bagi Anda Membersihkan Komputer

Manfaatkan waktu weekend Anda untuk mengecek kondisi laptop. (Foto: Freepick)

JAKARTA, iNews.id – Perangkat komputer Anda mulai lambat digunakan? Tidak perlu khawatir, Anda bisa membersihkannya dari kotoran yang tersangkut di antara komponen saat libur weekend.

Dalam hal ini, Anda bisa menjalankan proyek weekend wired. Di mana Anda bisa menjalankan serangkaian tugas yang dapat dilakukan di waktu luang, untuk membuat hidup jauh lebih mudah, produktif, dan keren, sebagaimana dikutip iNews.id dari Wired.

Yang perlu Anda butuhkan

- Kain Microfiber
- Kain Halus (Bukan Tissue)
- Alkohol
- Q-Tips
- Waktu satu sampai dua jam


Membersihkan Eksterior PC

Pertama-tama, Anda harus mematikan perangkat komputer terlebih dahulu. Langkah ini sangat penting, karena jika Anda tidak melakukannya, komputer Anda akan mengalami kerusakan.

Langkah Pertama

Ambil kain halus atau kain microfiber, lalu rendam dengan sedikit air, kemudian siap untuk menggosok. Hati-hati saat menggosok, jangan sampai ada air rendaman masuk dalam komponen komputer.

Layar

Bersihkan layar dengan kain halus yang kering. Mulailah dengan bagian pojok-pojok layar, lakukan berulang-ulang, kemudian bilas kain tersebut dengan air yang sudah dicampur dengan alkohol sampai bersih. Catatan, perbandingan campuran air dan alkohol adalah 50 banding 50.

Lanjutkan kembali secara berulang sampai menurut Anda bersih. Catatan, kain jangan sampai basah betul, usahakan setelah dibilas dengan air, peras sampai benar-benar kering.

Keyboard

Keyboard mungkin merupakan bagian termudah ketika Anda mulai mempraktikkan cara membersihkan PC. Pertama, matikan mesin komputer dan cabut kabel keyboard dari mesin komputer. Cukup gunakan kuas lembut, seperti kuas make-up dan udara terkompresi pembersih debu (plower) komputer untuk meniup ke luar debu yang terperangkap di sela tombol-tombolnya. Udara terkompresi dalam kemasan kaleng atau alat pengembus udara, biasanya tersedia di toko-toko komputer.

Membersihkan Interior PC

Bagian dalam komputer Anda, mungkin jauh lebih kotor dari pada bagian luarnya. Booting komputer Anda dan bersiaplah untuk melakukan pekerjaan kotor yang sesungguhnya.

Hapus file di windows

Windows 10 dilengkapi dengan manajer penyimpanan yang sangat baik. Di aplikasi setelan/setting, klik system, lalu storage/penyimpanan. Dalam tampilan ini, Anda dapat mengidentifikasi folder yang berkapasitas besar, saringlah, kemudian hapus file-file besar yang sudah tidak Anda butuhkan lagi.

Singkirkan juga program-program yang tidak penting yang terinstal di komputer guna meningkatkan kecepatan komputer Anda. Caranya, klik setting, klik apps & features dan carilah program atau aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan, lalu delete. Selanjutnya, jalankan utilitas disk cleanup.
Dengan melakukan hal tersebut, Anda sudah memberikan ruang penyimpanan beberapa gigabyte dan membuat komputer Anda tidak “lemot” lagi.

Hapus File macOS

MacOS terbaru versi 10.12 (sierra) sudah dilengkapi dengan disk cleanup sendiri. Klik icon Apple di bilah menu dan pilih "About This Mac". Saat windows terbuka, klik storage tab, lalu klik manage button. Dari sini, Anda dapat menghapus aplikasi atau file yang belum pernah digunakan hanya beberapa saat. Anda juga bisa memindahkan beberapa foto maupun video dari hard drive dalam cloud.

Setelah Anda menghapus beberapa file yang tidak terpakai, coba filter kembali file secara manual. Tujuannya untuk menemukan file-file yang tidak terdeteksi secara otomatis.

Langkah pembersihan manual, pertama-tama fokuskan ke folder download, folder aplikasi Anda dan "All My File". Kemudian masuk ke windows finder dan pilih View > As List atau klik tombol last view di bagian atas finder windows. Dari sini, Anda dapat menemukan dan mengurutkan file dengan size terkecil sampai terbesar.

Terakhir, klik kanan pada tajuk kolom di finder dan pilih "Date Last Opened." Ini akan membiarkan Anda menyortir daftar file Anda untuk menunjukkan hal-hal yang belum pernah digunakan selama bertahun-tahun.

Zap Device Backup

Apakah Anda pemilik iPhone atau iPad? Masuki preferensi iTunes dan klik Device. Jika Anda melihat ada perangkat lama yang tidak digunakan lagi, maka hapuslah atau bisa Anda backup dalam cloud.

Hapus Riwayat

Menghapus riwayat browser Anda adalah cara lain untuk membuang “racun dan hogging”. Klik browser pilihan Anda, kemudian buka preferensi dan delete riwayat browser tersebut. Hal ini dapat membebaskan beberapa ratusan megabyte ruang penyimpanan Anda.

Jika melakukan langkah ini secara benar, maka komputer Anda akan semakin cepat kinerjanya. Jangan lupa untuk melakukan “bersih-bersih” pada komputer Anda tiga bulan sekali. Semakin sering membersihkan, maka komputer Anda juga semakin awet dan terawat.

Editor : Tuty Ocktaviany