Aplikasi dari China Ini Mampu Deteksi Virus Korona

Siska Permata Sari ยท Selasa, 11 Februari 2020 - 21:09 WIB
Aplikasi dari China Ini Mampu Deteksi Virus Korona

Warga Hong Kong menggunakan masker menyusul wabah virus korona. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id - Ramainya penyebaran novel coronavirus (2019-nCoV) atau virus korona Wuhan di China memunculkan sebuah teknologi baru. China baru saja meluncurkan aplikasi ‘Close Contact Detector’ yang memungkinkan seseorang untuk memeriksa apakah dia berisiko terkena virus baru tersebut.

Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga dapat memberi tahu pengguna atau user jika mereka berada di dekat seseorang atau pasien yang telah positif atau diduga mengidap nCoV. Dengan aplikasi tersebut, orang yang teridentifikasi positif nCoV disarankan tetap berada di rumah dan segera melaporkan pada otoritas kesehatan setempat.

Untuk melakukan deteksi, pengguna dapat memindai kode Respons Cepat (QR) pada ponsel cerdas mereka dan menggunakan aplikasi seperti layanan pembayaran Alipay atau platform media sosial WeChat.

Setelah aplikasi baru terdaftar dengan nomor telepon, pengguna diminta untuk memasukkan nama dan nomor ID mereka. Setiap nomor telepon yang terdaftar, kemudian dapat digunakan untuk memeriksa status hingga tiga nomor ID.

“Ini adalah layanan yang sangat berguna bagi orang-orang. Ini adalah alat yang kuat dan benar-benar bisa menunjukkan kekuatan data untuk kebaikan,” kata pengacara teknologi berbasis di Hong Kong, Carolyn Bigg seperti dilansir dari BBC, Selasa (11/2/2020)

Aplikasi ini dikembangkan bersama oleh departemen pemerintah China dan China Electronics Technology Group Corporation, serta didukung oleh data dari otoritas kesehatan dan transportasi.


Editor : Tuty Ocktaviany