Apple Gunakan Panel OLED Samsung untuk iPhone Pro 2020

Dini Listiyani ยท Kamis, 28 November 2019 - 13:30 WIB
Apple Gunakan Panel OLED Samsung untuk iPhone Pro 2020

iPhone 11 Pro (Foto: Apple)

SEOUL, iNews.id - Samsung tampaknya berhasil membuat Apple menggunakan panel Y-OCTA OLED. Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu akan menjadi pemasok eksklusif untuk iPhone 5,4 inci dan 6,7 inci mendatang.

Teknologi Y-OCTA menggunakan on-cell touch sensing, sehingga tidak memerlukan lapisan touch-sensitive. Akibatnya, panel layar lebih tipis dan murah untuk diproduksi.

Menurut ETNews, Samsung adalah satu-satunya perusahaan yang dapat memproduksi panel semacam itu secara massal pada skala yang dibutuhkan Apple. Bahkan, hasil kemungkinan menjadi alasan kesepakatan itu tidak terjadi lebih cepat.

Sebelumnya, iPhone 2018 dikabarkan akan menggunakan Y-OCTA. Tapi, Apple dilaporkan tidak jadi menggunakannya karena tidak senang dengan hasil tersebut, sebagaimana dikutip dari GSM Arena, Kamis (28/11/2019).

Kendati demikian, Apple diharapkan untuk meluncurkan dua ponsel lagi tahun depan, iPhone SE 2 menggunakan LCD 4,7 inci. Lalu, ada juga iPhone 12 non-Pro dengan 6.1 inci.

Tak seperti model Pro, Apple akan mencari panel OLED untuk iPhone 12 dari Samsung dan LG. Artinya, tidak ada on-cell touch untuk ponsel 6.1 inci dan BOE kemungkinan keluar sebagai pemasok potensial.

Samsung telah menggunakan panel Y-OCTA di ponselnya sendiri sejak Galaxy Note 7. Galaxy S8 juga beralih ke panel Y-OCTA tapi S8+ justru terjebak dalam panel lawas.


Editor : Dini Listiyani